Poin Penting Memilih AC Hemat Listrik

Poin penting yang harus diperhatikan saat Anda membeli AC adalah menyesuaikan kapasitas AC dengan daya listrik di rumah. Memilih AC hemat energi dan yang sesuai dengan kebutuhan susah-susah mudah, apalagi sekarang banyak tawaran merk AC dengan fitur yang menarik. Hal ini semakin membingungkan konsumen.

Jika salah membeli, dapat merugikan baik dari segi keuangan karena boros listrik hingga kenyamanan saat digunakan. Pastikan AC yang dipilih sesuai dan tepat dengan kebutuhan. Penggunaan yang kurang tepat dapat membuat ruangan menjadi tidak nyaman dan membuat penggunaan daya listrik menjadi berlebihan.

Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai poin-poin penting saat memilih AC hemat energi. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: HARGA AC DI BAWA EMPAT JUTA

  • Pilih PK Sesuai Dengan Kebutuhan

Saat memilih  AC yang pertma harus diketahui adalah berapa PK yang dibutuhkan. Jika PK kurang besar bisa menyebabkan ruangan menjadi terasa kurang dingin atau proses pendinginannya lambat. Namun janan pilih AC yang PK nya terlalu besar karena bisa menyebabkan udara terlalu dingin dan boros listrik.

Setelah mengetahui berapa PK yang tepat, baru kemudian bisa bandingkan jenis, tipe AC, penggunaan listrik dan fitur tambahan.

  • Penggunaan Listrik

Pilih AC yang efisien dan menghemat listrik, apalagi jika penggunaan AC lamanya lebih dari 9 jam sehari. Pastikan membandingkan AC setelah mengetahui berapa PK yang dibutuhkan. Dalam membandingkannya yang perlu dilihat adalah berapa jumlah watt penggunaan AC saat baru dinyalakan sampai saat berjalan.

  • Pilih Tipe Yang Tepat

Secara garis besar jenis AC dibagi menjadi 3 jenis, yaitu: standard, low watt dan inverter. Tipe low watt adalah tipe AC yang standar yaitu AC yang penggunaan daya pada compressornya dikurangi agar lebih hemat listrik. AC jenisini cocok digunakan untuk rumah yang kapasitas listriknya kecil. Konsep pada AC tipe low watt dan tipe standar hampir sama.

Berbeda dengan AC tipe inverter dimana pada saat tarikan awal sangat cepat. Pada waktu suhu ruangan sudah mencapai suhu yang diformat di remote maka dapat mengurangi kinerjanya sehingga penggunaan listriknya lebih rendah. Pada jenis AC intverter yang watt nya besar di tarikan awal penggunaan wattnya relatif rendah pada saat suhu ruangan sudah dingin.

  • Fitur Tambahan

Sekarang banyak merk AC yang diberi fitur tambahan yang tidak begitu penting fungsinya. Sebaiknya pilih fitur yang bisa membersihkan udara dan menghilangkan bau tidak sedap. Nama fitur pada setiap merk berbeda-beda jadi sebaiknya tanyakan terlebih dulu agar lebih pasti.

Itulah tips memilih AC hemat listrik yang bisa Anda jadikan rujukan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memilih AC yang tepat, sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *