Petani Kesulitan Kalau Tidak Ada Mesin Traktor

Petani Kesulitan Kalau Tidak Ada Mesin Traktor

Mesin traktor merupakan kendaraan yang memang sudah di desain dengan spesifik buat digunakan pada waktu keperluang yang membutuhkan fraksi tinggi namun kecepatan pelan, bisa juga buat menarik instrumen atau trailer yang dipakai pada dunia pertanian atau konstruksi. Istilah seperti ini umum sekali dipakai guna mendefinisikan sebuah jenis kendaraan pada bidang pertanian. Biasanya instrumen pertanian digerakkan memakai kendaraan ini, pemakaiannya dapat ditarik atau juga didorong hingga bisa dipakai buat memuat banyak barang bahkan hasil panen serta jadi sumber utama mekanisasi pertanian. Ada sebuah istilah lain yaitu “unit traktor” dengan mendefinisikan kalau kendaraan ini seperti semi truk trailer.

Petani Kesulitan Kalau Tidak Ada Mesin Traktor

Mesin traktor ternyata memiliki sedikit sejarah, tentang asal usul kata traktor yang diambil asal bahasa latin yaitu “trahere” yang memiliki arti menarik. Traktor bisa dipakai menjadi sumber untuk tenaga agar dapat mendukung operasi dari pertanian yang lebih efektif, mulai dari tenaga, waktu hingga masalah dana atau biaya. Sehingga bisa menaikkan kapasitas kerja, memutus sedikit terkait biaya produksi, menaikkan hasil temuan dari pertanian dan dapat mengurangi adanya kebosanan serta kelelahan yang dialami oleh para pekerja.

Mesin traktor mempunyai dua jenis yaitu traktor tangan dan traktor roda empat. Prinsip kerja dari traktor tangan merupakan mesin pengolah tanah dengan memakai tenaga penggerak motor bakar, yang paling umum bermotor diesel. Menjadi mesin pengolah tanah, traktor juga dipakai buat menarik sebuah peralatan pengolah tanah, misal bajak piring dll.

Mesin traktor roda empat dijalankan oleh operator yang hanya duduk pada tempat kendali dan kemudian mengemudikannya. Peralatan untuk pengolah tanah juga dipasangkan atau disalurkan bersama traktor lewat sebuah perangkat dengan sebutan three hitch point artinya penyambungan tiga titik. Pasangan garpu kiri dan kanan, kemudian satu tuasnya lain di posisi atas sistem dari penyambungan tiga titik, sebutannya top link.

Mesin traktor mengalami penyambungan seperti ini hanya untuk posisi peralatan guna membajak dan sebagainya. Operator bisa mengatur dengan cara memanjangkan atau juga memendekkan tuas dari penyambung atas. Gunanya agar mengamankan supaya traktor tidak terangkat ketika dijalankan buat pekerjaan pengolahan tanah, jadi traktor harus diseimbangkan bersama beban ketika memasang tambahan beban di sebelah depan traktor.

Beberapa harga mesin traktor yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat, khususnya para petani:

  • Merk Honda tipe Quick Capung Metal, harga Rp. 6.200.000,-
  • Merk Kubota tipe Quick E 85, harga Rp. 19.500.000,-
  • Merk Kubota tipe Quick Impala, harga Rp. 11.500.000,-
  • Merk Kubota tipe Quick G 600, harga Rp. 18.900.000,-
  • Merk Kubota tipe Quick G 1000, harga Rp. 13.200.000,-
  • Merk Kubota tipe Quick Kijang, harga Rp. 19.300.000,-
  • Merk Kubota tipe Quick TL 800, harga Rp. 20.400.000,-

Mesin traktor adalahtermasuk alat berat yang bisa dipakai untuk membantu bidang-bidang tertentuseperti pertanian dan konstruksi. Tetapi istilah yang sering disebut traktor banyak sebagai suatu kendaraan untuk pertanian. Traktor memang di desain buat spesifiknya sebagai keperluan traksi yang tinggi dalam kecepatan rendah, bisa juga untuk menarik implemen atau trailer yang dipakai pada dunia pertanian serta kontruksi.

Asal usul kata traktor dari salah satu kata di bahasa latin yaitu “trahere” yang mempunyai arti “menarik”. Tetapi pendapat lain yang bersuara jika traktor adalah gabungan dari traction dan motor, maksudnya motor yang ditarik. Awalnya digunakan agar mempersingkat penjelasan “sebuah mesin atau suatu kendaraan yang menarik sebuah gerbong atau juga bajak, guna menggantikan kata dari “mesin penarik”. Itu sedikit penjelasan asal dari mesin traktor.

Cara kerja jenis mesin traktor tangan yaitu mesin pengolah untuk tanah dengan memakai tenaga penggerak motor bakar, kalau biasanya bermotor diesel. Jadi mesin pengolah tanah, ternyata traktor dipakai agar dapat menarik peralatan dari pengolah tanah, persis seperti garu piring, bajak piring dan sebagainya.

Ada juga jenis mesin traktor roda empat, caranya dengan dioperasikan langsung dari operator yang harus duduk pada tempat kendali sambil duduk kemudian mengemudikannya. Untuk peralatan pengolahan dari tanah langsung dipasangkan atau disambungkan ke traktor melewati perangkat yang bernama three hitch point atau sebuah penyambungan titik, terdiri dua buah  garpu kanan dan kiri. Kalau tuas yang lainnya di sebelah atas sistem oenyambungan tiga titik, namanya top link (Tuas penyambung di atas).

Masuk era teknologi saat ini ternyata penggunaan alat pertanian menggunakan mesin traktor yang sudah modern gunanya membantu untuk mempercepat proses dari pengolahan produksi pertanian. Memang salah satu alat yang umum sekali dipakai dan banyak orang mengetahui adalah traktor, dari traktor tangan atau traktor roda empat.

Baca juga : Merk Mesin Traktor Ada Banyak, Pilih Sesuai Kebutuhan

Beberapa daftar mesin traktor yang banyak diminati oleh masyarakat, seperti berikut ini:

 

  • Merk Quick ZENA Rotary, harga Rp. 35.000.000,-
  • Merk Quick G 3000 Zeva Rotary, harga Rp. 25.000.000,-
  • Merk Quick M 1000 Alfa, harga Rp. 21.100.000,-
  • Merk Quick G 1000 Vaganza, harga Rp. 22.650.000,-
  • Merk Quick G 1000 Boxer, harga Rp. 24.800.000,-
  • Merk Quick G 1000, harga Rp. 24.000.000,-
  • Merk Quick TL 800, harga Rp. 23.740.000,-
  • Merk Quick Kijang, harga Rp. 22.400.000,-
  • Merk Quick G 600, harga Rp. 22.750.000,-
  • Merk Quick E 85, harga Rp. 22.850.000,-
  • Merk Quick Impala, harga Rp. 19.500.000,-
  • Merk Quick Capung Metal, harga Rp. 11.250.000,-
  • Merk Yanmar YZC, harga Rp. 37.500.000,-
  • Merk Yanmar Bromo, harga Rp. 25.000.000,-
  • Merk Yanmar Revo, harga Rp. 26.500.000,-
  • Merk Yanmar YM 80 Krishna, harga Rp. 23.100.000,-
  • Merk Yanmar YM – SX, harga Rp. 20.700.000,-

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *