Perlengkapan Rumah Tangga Terbuat Dari Stainless Steel

Beberapa perlengkapan rumah tangga, terutama perlengkapan dapur ada yang menggunakan bahan stainless steel. Bahan tersebut memadukan atau mengkombinasikan beberapa jenis logam, seperti: kromium, besi dasar, nikl dan unsure lainnya seperti silicon, karbon dan mangan.

Perlengkapan dapur bahan stainless steel banyak digunakan karena anti karat. Setiap perkakas masak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan yang digunakan perlengkapan rumah tangga diharapkan dapat memberikan pengetahuan cara merawat dan membersihkannya dengan benar. Sehingga diharapkan perkakas tersebut lebih awet dan tahan lama.

Nah, berikut ini akan kami informasikan mengenai kelebihan dan kekurangan perkakas dapur yang terbuat dari bahan stainless steel.

Kelebihan Perkakas Dapur Stainless Steel

Kelebihan bahan stainless steel adalah lebih awet dan tahan lama. Artinya Anda bisa lebih berhemat karena tidak perlu membeli perabot baru. Dari segi fisik sangat kuat, permukaannya halus tanpa ada pori-pori sehingga stainless tidak mudah bocor, penyok ataupun retak.

Selain itu kelebihan lainnya adalah multifungsi atau bisa dipakai untuk memasak segala jenis masakan, karena bahannya tidak bereaksi terhadap makanan yang dimasak. Stainless steel juga mudah dalam perawatan dan dibersihkan, cukup menggunakan sabun dan air bersih saja.

Setelah dibersihkan peralatan dapur dari stainless steel akan terlihat mengkilat dan bersinar walaupun sudah lama digunakan.

Kekurangan Perkakas Dapur Stainless Steel

Sejatinya peralatan masak yang terbuat dari bahan stainless steel bukan bahan penghantar panas yang baik. Oleh karena itu selalu dilapisi pelat alumunium atau tembaga di bagian alas atau dasarnya agar proses pemanasan lebih merata dan cepat.

Peralatan masak yang sudah dilapisi oleh alumunium dan tembaga ciri-cirinya adalah bagian atasnya akan terlihat lebih tebal dibandingkan dengan bagian sisinya. Harga peralatan masak yang terbuat dari stainless steel biasanya lebih mahal dibandingkan dengan perkakas yang terbuat dari bahan lainnya.

Sayangnya jika terkena suhu yang terlalu/ sangat panas menyebabkan bagian luarnya menghitam. Selain itu paparan air yang mengandung garam terus menerus bsia menyebabkan kerusakan dan menyebabkan pitting.

Perawatan Pekakas Dapur Stainless Steel

Nah, jika sudah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya, Anda akan lebih paham bagaimana cara merawatnya dengan benar agar dapat bertahan selama bertahun-tahun ke depan.

Perawatan yang paling mudah adalah menggunakan kain dan air. Cara ini adalah cara yang paling simple dan tidak beresiko. selain itu Anda bisa menggunakan detergen yang lembut dan kain.

Apabila perlengkapan rumah tangga stainlees steel sudah terlajur terkena noda yang berat atau goresan maka diperlukan perawatan ekstra yaitu dengan menggunakan pembersih khusus untuk stainless steel. Lakukan langkah-langkah membersihkannya sesuai dengan aturan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *