Perhatikan 4 Hal Ini Supaya Cara Melilit Dinamo Tidak Lagi Salah

Perhatikan 4 Hal Ini Supaya Cara Melilit Dinamo Tidak Lagi Salah

Memahami cara melilit dinamo tentu memberi lebih banyak keuntungan supaya saat error bisa diperbaiki sendiri. Namun pastikan paham mengenai ilmu elektronika sehingga tidak asal dibongkar dan asal di lilit-lilit karena hasilnya akan berbeda. Rupanya untuk hasil maksimal ketika melilit kawat pada dinamo ada teknik tersendiri yang tentu wajib diperhatikan dengan seksama. Sebab yang namanya perangkat rangkaian elektronik dijamin kesalahan sedikit akan memberi efek yang cukup signifikan. Apabila ingin belajar sah saja asal tidak sampai merusak dinamo yang tadinya normal.

 Perhatikan 4 Hal Ini Supaya Cara Melilit Dinamo Tidak Lagi Salah

Agar kegiatan melilit kawat dinamo ini sukses dan meminimalisir kesalahan maka Anda bisa menyimak beberapa tips di bawah ini:

  •  Kabel tembaga baiknya dikerik dulu,

Biasanya sebelum melilit kabel dinamo banyak yang membeli kawat baru padahal bisa memanfaatkan kawat lama, asalkan kondisinya masih layak pakai. Caranya dengan disambung namun jika takut gagal silahkan membeli kawat tembaga yang baru. Sebelum di gantungkan ke kepala dinamo baiknya kawat ini dikerik dahulu memakai pinset ataupun pisau dapur, supaya proses melilit nanti lancar dan hasilnya lebih rapi sehingga maksimal.

  • Saat di lilit usahakan sambil ditarik,

Usai menggantungkan ujung kawat pada kepala dinamo maka proses melilit sudah bisa dilakukan. Supaya hasilnya bagus dan berfungsi dengan baik maka cara melilit dinamo yang harus diperhatikan adalah dengan ditarik kuat-kuat. Tujuannya adalah tidak ada kawat yang melengkung dan membuat lilitan kendor sebab bisa mempengaruhi fungsi dinamo tadi menjadi tidak stabil bahkan tak berfungsi sama sekali. Jadi setiap di lilit sambil ditarik kencang agar tidak perlu mengulang pekerjaan yang butuh kesabaran ini.

  • Bisa sekalian ganti brass,

Dinamo yang sudah error biasanya tinggal di lilit ulang dengan kawat tembaga baru maka sudah akan berfungsi normal kembali. Namun ketika di lilit ulang usahakan jangan hanya fokus pada kawat tembaganya saja melainkan juga pada brass. Yakni komponen berwarna kekuningan yang berada di atas kepala dinamo dan biasanya ketika sudah berumur akan gosong atau menghitam. Baiknya sekalian diganti untuk menjaga kualitas lilitan agar tidak mudah error selama masa pemakaiannya. Harganya pun tidak mahal dan bisa dibeli di toko dimana Anda membeli kawat tembaga tadi.

 Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

  • Memakai magnet yang kuat,

Agar hasil lilitan maksimal dan dinamo bekerja dengan optimal maka mengganti ataupun menambahkan magnet baru di tengah dinamo bisa dipertimbangkan. Usahakan memilih magnet yang kuat dan ukurannya disesuaikan dengan diameter dinamo itu sendiri agar bisa dipasang di tempatnya dengan mudah. Magnet ini juga membantu proses melilit menjadi lebih cepat dan rapi karena kawat tembaga akan tertarik dan menempel pada dinamo tersebut. Jadi silahkan dipertimbangkan sembari memperhatikan cara melilit dinamo yang dilakukan sudah tepat atau belum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *