Perawatan Mesin Sealer Cup Minuman

Mesin sealer merupakan jenis mesin yang dipakai untuk memudahkan pengemasan. Salah satu jenis mesin ini adalah mesin cup sealer yang digunakan untuk mengemas minuman yang ditempatkan dalam cup atau gelas.

Alat press ini mudah dalam penggunaannya dan sangat cocok digunakan apabila memiliki usaha jual beli minuman sehingga pembeli pun nyaman ketika membeli dikarenakan minuman tidak akan mudah tumpah. Penggunaan mesin cup sealer ini tentunya juga akan memberikan kesan modern karena pengemasan minuman akan lebih rapi dibandingkan hanya dibungkus menggunakan plastik biasa. Apabila ingin mempermudah pengemasan, maka miliki mesin cup sealer ini, dan jika sudah memilikinya, jangan lupa juga untuk melakukan perawatan secara teratur agar mesin awet, dan salah satu cara perawatannya adalah dengan memberikan pelumas.

Pemberian pelumas ini bertujuan untuk mencegah korosi pada instalasi mesin cup sealer, karena apabila mesin mengalami korosi, maka akan membuat mesin cepat rusak. Instalasi mesin cup sealer ini bisa mengalami kerusakan karena dua sebab, bisa karena cara pemakaian yang tidak benar, juga karena pelumasan untuk mencegah adanya korosi yang salah.

Mesin serta motor penggerak pada mesin cup sealer harus diperhatikan dengan baik. Apabila pelumasan serta pencegahan korosi tidak diperhatikan dengan baik, maka mesin cup sealer akan cepat rusak dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Fungsi dari pemberian minyak pelumas sendiri adalah untuk melumasi dua benda yang bergesekan, kemudian sebagai zat pendingin, zat pembersih, serta berfungsi juga sebagai zat perapat atau sealing agent.

Dalam pelumasan ini yang terpenting adalah tingkat kekentalannya, salah satunya adalah dengan mengukur derajat kekentalan S.A.E nya atau The Society of Automotive Engineers. Apabila pelumas memiliki SAE 30 itu artinya encer, sedangkan apabila pelumas memiliki SAE 90 itu artinya kental.

Selain menggunakan minyak pelumas, perawatan juga bisa menggunakan gemuk atau grease yang berfungsi melumasi bagian mesin sealer yang tidak bisa dilumasi pelumas cair, misalnya seperti bagian yang susah dicapai, tidak rapat, serta bagian yang mudah terkena air dan debu. Gemuk atau grease digunakan pada roda gigi putaran lambat, bantalan, ulir, roda gigi cacing, dan lain-lainnya.

Selain cairan pelumas, dan gemuk, gunakan juga cairan pendingin yang berfungsi untuk mengurangi kikisan serta kekerasan, mencegah adanya distorsi serta ketidaktelitian ukuran. Mengurangi panas yang disebabkan gesekan, melumasi alat serta benda kerja, serta berfungsi juga untuk menghemat penggunaan dasay serta memperbaiki bagian permukaan. Cairan pendingin juga berfungsi untuk mencegah karat.

Penggunaan cairan pelumas, gemuk, serta cairan pendingin pada mesin sealer harus dilakukan secara rutin agar mesin awet dan tidak cepat rusak sehingga usaha yang menggunakan mesin ini bisa terus berlangsung dan dapat menghasilkan banyak keuntungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *