Penyebab Terjadinya Turun Mesin Pada Mobil

Penyebab Terjadinya Turun Mesin Pada Mobil

Turun mesin atau overhaul merupakan aktivitas menurunkan mesin dari mobil yang bertujuan untuk memeriksa kerusakan pada mesin lalu memperbaikinya. Dengan aktivitas ini biasanya akan diperoleh informasi dari mesin mobil lalu dihubungkan dengan spesifikasi yang ada pada buku manual. Bila hasilnya tidak sesuai maka perlu dilakukan perbaikan atau penggantian komponen. Kemudian barulah dilakukan uji coba mesin sehingga mesin mobil tersebut bisa bekerja denga baik lalu di pasang kembali pada mobil seperti semula.

Penyebab Terjadinya Turun Mesin Pada Mobil

Kondisi turun mesin tersebut memang tak bisa dianggap remeh sebab jika mesin sudah mengalami hal tersebut biasanya kerusakan yang dialami sudah cukup para. Dimana untuk kerusakan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Bahkan proses perbaikan ini membutuhkan waktu yang lama serta proses perbaikan yang sulit sehingga tak heran jika biaya perbaikannya mesin tersebut cukup mahal hingga mencapai jutaan rupiah. Supaya hal buruk tersebut tidak terjadi pada mobil anda maka sebaiknya perlu anda ketahui apa saja yang menjadi penyebab terjadinya overhaul tersebut.

  1. Oli dan Pelumas

    Penyebab umum terjadinya turun mesin mobil yaitu terdapat masalah pada bagian pelumasannya. Kemungkinan mesin mobil mengalami kehabisan oli sehingga membuat mesin-mesin pada mobil akhirnya bergesekan dan menyebabkan kerusakan. Hal ini memang tak bisa terlepas dari fungsi utama oli untuk melumasi mesin supaya bagian-bagian pada mesin tidak saling bertumbukan. Untuk irulah sebaiknya anda selalu rutin mengganti oli mobil atau sering-sering melakukan pengecekan supaya tidak berdampak buruk pada mesin mobil.

  2. Overheat

    Penyebab terjadinya turun mesin yang berikutnya adalah overhat yang ditandai dengan terjadinya mobil mogok. Bila mobil mengalami hal tersebut sebaiknya segera matikan mesin mobil terlebih jika suhunya sudah mencapai level hot. Segeralah membawanya ke bengkel untuk mengetahui apakah terdapat masalah pada sistem pendingin mesin mobil tersebut. Karena bisa saja sistem pendingin pada mesin kehabisan air pendingin akibat adanya kipas radiator yang mati atau kebocoran.

  3. Timing Belt

    Turunnya mesin pada mobil bisa disebabkan adanya masalah pada timing belt yang putus yang bisa menyebabkan piston dan katupnya tertutup sehingga menimbulkan kerusakan pada mesin.

  4. Efek Water Hammer

    Efe water hammer biasanya terjadi pada mobil baru yang melewati permukaan air tinggi misalnya saat terjadi banjir. Air tersebut akan masuk ke dalam filter dan mengalir ke ruang bakar sehingga bisa menyebabkan pecahnya piston, kerusakan poros engkol, connecting rod dan mobil akhirnya mogok.

  5. Tercampurnya Oli dan Air

Jika air masuk ke mobil maka bisa menyebabkan terjadinya percampuran oli dan air yang menjadi warna oli menjadi seperti susu coklat. Kondisi ini bisa memicu terjadinya korosi, mengacaukan sistem sirkulasi, merusak bahan pelumas, pembentukan busa hingga akhirnya terjadi turun mesin.

Baca juga: Mesin Motor Mati Mendadak? Hati-Hati Mungkin Gejala Overheat!

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab terjadinya turun mesin pada mobil yang bisa menambah wawasan anda. Informasi yang sudah disampaikan di atas bisa membuat anda lebih waspada dalam menggunakan mobil serta lakukan upaya perawata secara berkala supaya mesin mobil anda aman dan tetap prima sehingga terhindar dari kerusakan yang berbahaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *