Pentingnya Memilih AC Hemat Listrik untuk Keperluan Rumah Tangga

Indonesia memiliki iklim cuaca tropis yang mengakibatkan suhu di wilayahnya lebih panas atau tinggi daripada di negara lain yang memiliki iklim dingin atau sejuk. Karenanya dibutuhkan alat untuk menurunkan suhu ruangan sehingga menghindarkan manusia dari head stroke atau dehidrasi yang kerap dirasakan terutama setelah melakukan pekerjaan di luar ruangan. AC menjadi pilihan tepat untuk dipasang di rumah dan langsung dinyalakan ketika tiba dari kantor atau perjalanan. Namun ada masalah yang bisa terjadi apabila daya listrik di rumah Anda kecil karena bisa mengakibatkan tidak kuatnya daya listrik. Untuk itu sebelum membeli maka pastikan bahwa Ac hemat listrik yang Anda beli dan bukan AC tinggi watt seperti pada umumnya.

Baca juga: Beragam Keuntungan dengan Memiliki AC Hemat Listrik

Ac yang membutuhkan daya listrik kecil akan menghemat pengeluaran bulanan karena juga akan memakan daya yang lebih rendah dibandingkan AC lainnya. Kini Ac berdaya rendah di jual di pasaran sebagai jawaban akan kebutuhan AC untuk rumah tangga yang umumnya hanya memiliki daya listrik maksimal 1.300 w saja. Saat ini sudah banyak jenis AC dari berbagai vendor yang hanya membutuhkan daya 900 w untuk melakukan kerja secara maksimal. Dengan begitu, meski menyalakan AC di malam hari, Anda tetap bisa menyalakan lampu, dan alat elektronik seperti biasanya tanpa mengalami kendala terputusnya aliran listrik akibat kelebihan daya.

Selain untuk pasokan daya listrik di rumah, AC hemat listrik juga akan menghemat biaya listrik keluarga. Dengan menghidupkan AC tersebut, Anda tak perlu menyalakan pengusir nyamuk elektrik karena AC type tertentu memiliki fitur anti nyamuk dan serangga pada aliran udara yang dihembuskannya. Terdapat juga fitur kesehatan yaitu ion positif yang dikeluarkan bersamaan dengan aliran udara yang sejuk dan menyegarkan. Meski begitu ada harga yang harus Anda bayar dengan lebih mahal di awal pembelian karena umumnya AC low watt dijual dengan harga yang lebih mahal.

Harga AC low watt juga sangat tergantung dari vendor atau produsennya. Semakin terkenal dan terpercaya vendor tersebut maka harga bisa menjadi semakin mahal karena kualitas yang ditawarkan juga di atas standar. Selain itu fitur pada AC juga mempengaruhi harga seperti adanya hembusan ion positif atau anti nyamuk dan aromatherapy. Untuk keperluan rumah tangga, Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran ruangan yang mempengaruhi besar AC yang dibutuhkan.

Dengan memiliki AC hemat listrik, diharapkan Anda dan keluarga akan lebih nyaman ketika berada di rumah meski ketika berada di luar rumah terasa panas akibat sengatan matahari. Memiliki bayi atau anak-anak juga menjadi alasan kuat untuk memiliki AC karena AC type tertentu memiliki fitur purifier udara yang bisa membantu menyaring udara dari bakteri penyebab penyakit.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *