Pentingnya Melakukan Penggantian Oli Mesin Kendaraan Secara Rutin

Pentingnya Melakukan Penggantian Oli Mesin Kendaraan Secara Rutin

Mesin adalah bagian komponen yang utama dari sebuah kendaraan. Bisa dikatakan bahwa mesin adalah jantung dari sebuah kendaraan karena tanpa adanya mesin maka kendaraan tidak bisa hidup dan digunakan. Tentunya dalam mesin tersebut terdapat berbagai komponen yang saliang berhubungan satu dengan lainnya. Saat anda menghidupkan kendaraan maka komponen-komponen di dalam mesin tersebut akan saling bergerak serta bergesekan. Karena aktivitas mesin inilah maka sebuah kendaraan bisa berjalan dengan normal. Namun agar komponen tersebut bisa bekerja dan bergesekan dengan baik serta tidak merusak bagian lainnya maka dibutuhkan pelumas yang biasanya disebut dengan oli mesin.

Pentingnya Melakukan Penggantian Oli Mesin Kendaraan Secara Rutin

Keberadaan oli mesin sebagai pelumas memang tak boleh dianggap remeh. Sebab dengan adanya pelumas tersebut maka mesin kendaraan bisa bekerja dengan baik meskipun digunakan secara terus menurus. Untuk semakin menambah wawasan anda seputar manfaat oli pada kendaraan maka berikut ini akan dijelaskan pentingnya oli bagi kendaraan yang perlu anda ketahui.

  1. Lubricating
    Pentingnya menggunakan oli mesin yang pertama yaitu sebagai lubricating. Dalam hal ini oli berfungsi untuk melumasi mesin untuk meminimalisi terjadinya gesekan antar logam atau antar komponen mesin. Selain itu pelumas tersebut membuat gesekan pada mesin menjadi lebih halus sehingga bisa membantu menghindari terjadinya kerusakan pada bagian komponen mesin.
  2. Protecting
    Oli mesin tidak hanya bisa melindungi dari gesekan kasar antar komponen pada mesin namun juga bisa melindungi mesin mobil dari terjadinya karat atau korosi. Hal ini disebabkan karena oli bisa mencegah terjadinya rekasi oksidasi pada komponen mesin serta menghilangkan reaksi kimiawi logam dengan panas ketika terjadi pembakaran yang bisa menyebabkan adanya korosi pada komponen mesin.
  3. Cleaning
    Oli pada mesin sangat penting untuk memberishkan kerak sisa hasil pembkaran pada mesin. Dengan oli tersebut kerak akan diberishkan sehingga tidak menumpuk dan bisa mengganggu kinerja mesin. Dengan adanya oli pada mesin maka kerak tersebut juga akan ikut terbuang bersama dengan oli ketika melakukan pergantian secara rutin.
  4. Cooling
    Perlu anda ketahui bahwa aktivitas dari komponen dalam mesin mobil akan membuat suhu di dalam mesin menjadi lebih tinggi. Hal ini bisa menyebabkan mesin lebih panas. Untuk itulah oli yang mengalir di permukaan komponen bisa membantu membawa panas yang dihasilkan menuju ke penampung oli. Selanjutnya panas tersebut akan dibuang bersama dengan udara yang mengalir ke tempat penampungan oli.

Melalui penjelasan di atas maka kini anda harus memperhatikan kondisi oli mesin kendaraan anda. Upayakan untuk melakukan penggantian secara rutin. Namun jika anda terlalu sering terlambat mengganti oli tersebut maka bisa membuat kinerja mesin menjadi menurun atau bahkan bia menyebabkan kerusakan pada mesin serta konsumsi BBM yang lebih boros.

Baca juga: Rutin Ganti Oli Mesin Ternyata Memberi 4 Manfaat Ini!

Demikianlah penjelasan mengenai alasan pentingnya mengganti oli mesin kendaraan secara rutin. Dengan penjelasan di atas kini anda bisa mulai memperhatikan penggantian oli pada kendaraan anda yang mungkin selama ini masih sering terlupakan. Sebab penggantian oli yang rutin bisa membuat kondisi mesin kendaraan anda tetap prima dan awet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *