Penjelasan Seputar Pemanas Air Listrik Dan Solar Water Hater

Mandi menggunakan air hangat memberikan efek kenikmatan dan kesegaran tersendiri, apalagi saat musim dingin tiba atau saat pulang malam selesai bekerja. Karena kebutuhan masyarakat untuk mandi air panas sekaran instalasi pemanas air di rumah mulai popular. Ada berbagai jenis pemanas air, dalam artikel ini kita akan membahas pemanas air listrik dan Solar Water Hater

Pemanas Air Listrik  Atau Electric Water Heater

Pemanas listrik ini mengandalkan energi listrik untuk menghasilkan panas. Cara kerjanya sama seperti peralatan listrik penghasil panas lainnya. Ada dua jenis pemanas air ini yaitu yang menggunakan tangki dan tanpa menggunakan tangki. Pemanas ini memilik variasi harga, perbedaan harga tersebut ditentukan oleh besar kecilnya ukuran tangki. Semakin besar ukurannya maka harganya cenderung lebih mahal.

Kelemahan menggunakan  pemanas air  menggunakan tangki adalah konsumsi listriknya menjadi lebih besar yaitu sekitar 2000 watt. Sedankan pemanas air tanpa tangki kebutuhan dayanya hanya 300 watt saja. Namun untuk mendapatkan air panas membutuhkan waktu sekitar 2-4 menit.

Itu sebabnya pemanas air tanpa tangki harganya bisa lebih murah, yaitu sekitar 400-600 ribu rupiah. Salah satu kekhawatiran menggunakan alat pemanas air menggunakan listrik adalah terjadi kecelakaan akibat terkena setrum. Namun jangan khawatri karena sebenarnya setiap pemanas air menggunakan listrik sudah dilengkapi dengan pengaman anti kontak Main Line Circuit Breaker atau MLCB yang berguna untuk memutuskan arus listrik jika terjadi korsleting.

Solar Water Hater

Pemanas air ini mengandalkan energi matahari atau dikenal dengan istilah solar panel. Pemanas ini dilengkapi dengan tangki yang ukurannya besar karena energi panas matahari hanya bisa didapat pada siang hari dengan adanya tangki tersebut dapat menampung air panas yang bisa dikonsumsi oleh sekian banyak orang.

Menggunakan mesin pemanas air tenaga surya ini cocok untuk di Indonesia karena memiliki iklim tropis. Namun bagaimana jika musim hujan? Anda jangan khawatir, karena pemanas inisudah dilengkapi dengan pemanas cadangan electric heater yang bisa diaktifkan pada saat tidak ada panas matahari.

Menggunakan pemanas ini nyaris tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya operasional. Kekurangan pemanas ini adalah harganya yang lumayan mahal mencapai belasan sampai puluhan juta rupiah. Harga pemanas ini tergantung kapasitas tangki penyimpanan airnya. Pemanas ini perlu dipasang ditempat atau dengan posisi yang tinggi, tidak boleh terhalang bangunan atau pohon agar bisa langsung menerima paparan sinar matahari, sehingga hasil panasnya bisa lebih cepat dan maksimal.

Itulah ulasan singkat mengenai pemanas air listrik dan pemanas air yang menggunakan tenaga matahari. Sebenarnya masih ada beberapa jenis pemanas air lainnya, seperti: pemanas air gas, pemanas air boiler dan  pemanas air aircon atau yang mengandalkan energi buangan. Untuk mendapatkan jenis pemanas yang tepat solusinya bisa memilih pemanas yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *