Penggunaan Pintar dengan Mesin AC Sensasi Kutub

hargamesin.org-harga-ac

Negara Indonesia terletak di garis khatulistiwa bumi. Yang mana membuat iklim di negara ini menjadi tropis. Indonesia hanya memiliki 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Berbeda dengan negara lain yang berada di bagian bumi lainnya. Alhasil, cuaca panas karena terik matahari selalu mengikuti pergantian waktu dari hari ke hari di negara Indonesia. Banyak sekali warga negara Indonesia yang merasa membutuhkan udara dingin. Karena suhu panas di negara ini sungguh membuat diri manusia berkeringat hampir setiap saat. Solusi yang banyak orang lakukan adalah menggunakan mesin AC di ruangan mereka.

AC atau Air Conditioner adalah suatu alat yang dapat digunakan agar udara di sekitar menjadi dingin, dengan cara mensirkulasikan gas refrigerant yang berada di pipa dan ditekan, kemudian di hisap oleh kompresor. Menggunakan AC atau pendingin udara di ruangan, adalah solusi yang baik. Namun dampak buruk dari pemakaian AC yang terlalu sering, juga banyak. Seperti buang-buang sumber daya listrik, leher menjadi tengeng, kelumpuhan wajah, bahu menjadi beku, syndrome carpal tunnel, mudah letih dan lelah, sesak nafas, gangguan reproduksi, kehamilan, kulit menjadi kering, memicu menipis nya ozon, dan masih banyak lagi.

Mesin AC memang tidak dapat di pisahkan dari kebanyakan orang yang tinggal di iklim tropis. Karena tak dapat di pungkiri bahwa suhu udara di bagian tropis, sangat memanggang tubuh kita. Pemakaian pun dilakukan di banyak tempat yang memiliki ruang. Sehingga untuk mengurangi dampak buruk yang akan timbul akibat AC, lebih baik mencegah hal buruk itu terjadi. Banyak hal yang dapat di lakukan untuk melakukan pencegahan tersebut. Cara-caranya adalah sebagai berikut:

  • Ramah lingkungan

Sebelum membeli mesin pendingin ruangan, usahakan untuk memilih AC yang memiliki freon dengan jenis ramah lingkungan. Freon merupakan bahan cair yang menghasilkan udara dingin dalam AC. Pilih Freon seperti hidrokarbon.

  • Atur suhu

Jika menggunakan AC, sebaiknya mengatur suhu yang paling optimal namun tetap dirasa nyaman udaranya. Lebih baik tidak lebih dingin daripada 25 derajat Celcius. Sebenarnya setiap kenaikan temperatur 1 derajat Celcius, dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 3 hingga 5 persen BPPT.

Baca juga: CARA MEMILIH AC TERBAIK

  • Ganti AC baru

AC yang sudah lama, biasanya menggunakan energi 30 hingga 50 persen lebih besar dari AC yang terbaru. Sehingga lebih baik untuk mengganti AC lama dengan yang baru.

  • Bersihkan filter AC

Jika kita dapat merawat dan memelihara mesin pendingin ruangan dengan rutin. Itu akan menghemat listrik sebanyak 20 persen. Terganggunya mesin yaitu kondensor, karena menumpuknya debu di dalam. Akan mengkonsumsi energi listrik yang lebih banyak.

  • Atur waktu nyala AC

Ketika cuaca dirasa cukup sejuk dan tidak membuat badan menjadi gerah. Sebaiknya untuk tidak menyalakan mesin pendingin ruangan. Karena hanya akan membuang-buang energi listrik. Kesehatan kita juga perlu dijaga untuk tidak terlalu sering berada dalam ruangan yang mengaktifkan mesin pendinginnya. Jadi gunakan AC ketika hanya membutuhkan. Atau mengatur timer yang telah disediakan oleh pusat kontrol. Sehingga dapat di set untuk mematikan selama 1-3 jam dengan otomatis. Usahakan untuk selalu mematikan AC ketika Anda meninggalkan ruangan tersebut.

  • Sesuaikan dengan kondisi pendukung

Apabila sedang menyalakan mesin pendingin di ruangan yang memiliki jendela yang terpapar sinar matahari. Usahakan untuk menutup kaca jendela dahulu. Sinar matahari yang masuk ke ruangan, akan mempengaruhi suhu udara yang ada. Dan gunakan juga lampu LED agar panas yang di hasilkan lebih baik di banding yang lain. Dengan begitu mesin AC hanya menghasilkan udara yang secukupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *