Pembahasan Seputar Mesin Jahit Mini Portable

Perkembangan dunia fashion yang semakin ramai membuka peluang usaha dibidang konveksi. Salah satu peralatan wajib menjalankan usaha konveksi adalah mesin jahit. Sekarang mesin jahit tersedia beragam pilihan, salah satunya adalah mesin jahit mini yang membuat pekerjaan menjahit menjadi lebih menyenangkan.

Bagi Anda yang memiliki atau tertarik dengan dunia jahit menjahit jangan abaikan keinginan Anda untuk terus belajar. Jika tidak begitu tertarik menjalankan bisnis konveksi, setidaknya bisa menjahit baju untuk sendiri, suami dan anak-anak. Memiliki mesin jahit tidak selalu harus yang besar. Anda bisa menggunakan mesin jahit mini.

Umumnya bahan mesin jahit yang ukurannya mini terbuat dari bahan plastik, itu sebabnya lebih ringan dibandingkan dengan mesin jahit pada umumnya. Karena itu harganya juga lebih murah dengan kisaran puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja.

Berdasarkan ukuran dan cara menggunakannya, mesin jahit umumnya dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

Mesin Jahit Tangan Atau Stapler

Seperti namanya mesin jahit ini ukurannya mampu dijangkau oleh tangan. Cara menggunakannya mirip seperti menggunakan staples. Biasanya hanya menggunakan satu benang saja, sehingga pola jahitannya sama seperti jahitan rantai. Harga mesin jahit ini sangat terjangkau bahkan ada yang dibandrol hanya puluhan ribu rupiah.

Mesin Jahit Portable

Mesin jahit dengan ukuran kecil ini cara menggunakannya hampir sama dengan mesinj jahit listrik pada umumnya. Perbedaannya adalah dari segi ukuran yang lebih kecil dan ringan. Umumnya mesin jahit ini hampir sama dengan mesin jahit standar yaitu hanya menggunakan satu spool benang dan satu sekoci. Sehingga hasil jahitannya persis seperti jahitan pada mesin jahit biasa.

Sifat mesin jahit portable adalah lebih praktis, bisa dibawa atau dipindahkan sesuai kebutuhan dan keinginan. Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan mesin jahit umumnya. Namun bukan berarti kualitas dan hasil jahitannya minim.

Ada banyak jenis mesin jahit portable yang memiliki kelebihan, seperti: selain ringan dan praktis dibawa, penggunaan daya listriknya tergolong kecil. Namun mesin jahit ini memiliki kekurangan sama seperti beda elektronik lainnya. Yaitu dari segi mode jahitan yang terbatas hanya beberapa tipe. Masalah harga mesin jahit portable dibandrol bervariasi tergantung, merk dan spesifikasinya.

Seiring perkembangan zaman sekarang sudah bisa ditemukan aneka jenis mesin jahit portable, ada yang menggunakan listrik dan ada juga yang menggunakan baterai. Dengan demikian, kita tidak perlu khawatir dan bingung jika mati lampu. Namun sebelum memutuskan membeli mesin jahit, ada baiknya mengetahui terlebih dulu fitur dan spesifikasi dari mesin tersebut.

Mesin jahit mini cocok digunakan untuk para pemula yang baru memulai belajar jahit menjahit, terutama bagi yang memiliki budget terbatas. Sedangkan bagi yang sudah profesional disarankan menggunakan mesin jahit sesuai dengan kebutuhan yang memberikan fitur lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *