Pemanas Air Listrik Portable Praktis Dan Efisien

Apakah Anda sering berpergian, baik itu traveling, keluar kota urusan pekerjaan? jika ya, tentu ingin kapanpun bisa menikmati secangkir kopi, teh atau minuman hangat lainnya. Untuk memudahkankannya Anda bisa menggunakan pemanas air listrik portable yang memungkinkan dibawa kemanapun.

Sekarang selain untuk membuat air panas, sudah ada pemanas yang dilengkapi fitur untuk memanaskan berbagai makanan yang bahan dasarnya air, contohnya: sayuran, sup dsb. Berikut ini tips membeli pemanas air listrik, namun sebelumnya ketahui kelebihannya sebagai berikut:

Baca juga: PAKAI MESIN PEMANAS AIR, PASANGAN MAKIN SAYANG

Kelebihan menggunakan alat ini dibandingkan memasak air dengan kompor adalah lebih praktis, aman, hemat energi dan lebih cepat mendidih. Dari segi desain,  bentuknya kompak dan ringkas, mudah dibawa kemana-mana. Ada pemanas yang sudah dilengkapi dengan fitur shut off otomatis jika air mendidih.

Ukuran Dan Berat

Sebelum membeli pertimbangkan ukuran pemanas. Apakah Anda akan menyimpannya di lemari, ditaruh di atas meja atau untuk kebutuhan saat berkegiatan di luar. Selain ukurannya, perhatikan juga tingginya.

Sesuaikan Jenisnya

Dari jenisnya, pemanas dapat dibedakan menjadi dua yaitu: pemanas listrik biasa dan pemanas listrik untuk menyeduh. Jenis pemanas listrik biasa umumnya terbuat dari porselin, ada juga yang terbuat dari whistling kettle. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan selera.

Kapasitas Air

Ada beragam pilihan kapasitas air yang bisa Anda pilih, ada yang ukurannya 1-2 liter cukup untuk satu atau dua orang. Ada juga yang kapasitasnya 2-3 liter untuk penggunaan lebih dari 2 orang.

Kecepatan Mendidih

Setiap jenis dan merk pemanas air membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk mendidihkan air, tergantung juga banyaknya air. Semakin cepat air mendidih maka semakin hemat listrik yang dibutuhkan.

Bahan Dan Desain

Pemanas air tersedia dalam berbagai macam desain dan bahan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya, yang bahannya stainless steel memiliki kelebihan menjaga suhu air, lebih mudah dibersihkan. Sedangkan kekurangannya bobotnya lebih berat. Ada juga pemanas yang terbuat dari kaca, lebih mudah dirawat dan dibersihkan, desainnya elegant. Kekurangannya mudah pecah. Sebaiknya pilih pemanas yang bahan dan desainnya sesuai dengan dekorasi rumah dan disesuaikan dengan peralatan dapur yang lain.

Fitur Pemanas

Setiap pemanas memilik fitur, ada yang dilengkapi seperti:

  • Indikator penunjuk ketinggian air
  • Shut off otomatis, yang otomatis akan mati sendiri jika air sudah mendidih.
  • Fitur keamanan saat disentuh, pemanas ini aman digunakan jika Anda memiliki anak kecil. Mekanisme pemanasnya ada di bagian dalam, sedangkan di luarnya dilapisi bahan tambahan yang mampu menahan panas.
  • Nirkabel. Pemanas nirkabel cocok digunakkan di perjalanan atau berkemah.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda jadikan rujukan jika akan membeli pemanas air listrik. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *