Para Petani Juga Menggunakan Mesin Canggih untuk Pekerjaannya, Ini Dia Jenis-jenisnya!

Para Petani Juga Menggunakan Mesin Canggih untuk Pekerjaannya, Ini Dia Jenis-jenisnya!

Saat ini, teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat dan membuat segala pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan lebih cepat selesai dibanding hanya memakai tenaga mereka dan juga alat tradisional. Kemajuan teknologi tersebut juga ternyata sudah dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat, tidak terkecuali pada para petani. Saat ini, para petani pun juga ikut menggunakan beberapa mesin canggih yang dapat membantu pekerjaan mereka selesai lebih cepat, dan meringankan pekerjaan mereka di ladang. Bukan hanya satu, melainkan ada banyak mesin yang mereka gunakan saat ini. Berikut ini adalah beberapa mesin yang dipakai oleh mereka:

Para Petani Juga Menggunakan Mesin Canggih untuk Pekerjaannya, Ini Dia Jenis-jenisnya!

  • Traktor

Mesin pertama yang nyatanya sangat membantu pekerjaan mereka di ladang adalah traktor. Alat ini merupakan mesin yang paling sering dipakai oleh kebanyakan petani di Indonesia. Memang alat ini sudah ada dari dulu, namun sekarang alat ini memiliki desain yang lebih modern, ukuran yang lebih beragam, kualitas yang meningkat, dan lain sebagainya. Traktor yang mereka gunakan biasanya terdiri dari 2 macam, yang menggunakan roda rantai, yaitu yang dapat dipakai di tanah yang berlumpur, dan juga traktir dengan roda biasa, yang biasanya digunakan pada lahan tanah yang kering.

  • Rotavator

Mesin selanjutnya yang berguna dalam dunia pertanian adalah rotavator. Mesin canggih ini memiliki fungsi untuk mengolah tanah yang pertama dan yang kedua. Pada pengolahan yang pertama, alat ini digunakan untuk mencacah, memotong, dan membolak-balikan tanah tersebut. Pada pengolahan kedua, mesin ini berfungsi sebagai alat perapih tanah dan juga dapat berguna untuk menghilangkan tanaman-tanaman yang mengganggu proses tersebut. Selain itu, pada proses kedua, alat ini juga mampu untuk memperbaiki tata aliran air untuk ladang Anda.

  • Garu Piring

Sebelum menanam, biasanya para petani membersihkan rumput-rumput yang terdapat pada lahan mereka. Untuk itu, mereka memerlukan alat guru piring yang dapat digunakan agar tanah yang dipakai sebelum dipakai pun dapat diolah, serta rumput-rumput pun dapat dengan mudah dihilangkan. Selain itu, sehabis ditanam, pastinya juga harus menggunakan alat ini agar benih yang sudah disebarkan dapat ditutupi dengan menggunakan tanah. Semua itu haruslah di proses dan diolah dengan menggunakan alat ini.

Baca Juga Manfaat Menggunakan Mesin Canggih untuk Kebutuhan Sehari-hari

  • Penanam Padi

Saat ini, para petani pun tidak perlu merasa kesulitan dan kerepotan untuk menanam padi satu persatu. Saat ini sudah ada sebuah mesin canggih yang pastinya akan pekerjaan para petani semakin ringan. Alat penanam padi atau yang kerap disebut dengan NSPU-68C ini tergolong dalam mesin modern yang dapat digunakan untuk membantu para petani menanam padi, tanpa melakukan penanaman secara manual. Alat ini bentuknya seperti sebuah kendaraan, jadi petani hanya perlu untuk duduk di atas mesin ini saja dan mengarahkan laju penanamannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *