Panduan Merawat Mesin Mobil Tua Agar Bisa Tetap Bekerja Secara Optimal

Panduan Merawat Mesin Mobil Tua Agar Bisa Tetap Bekerja Secara Optimal

Pada dasarnya mesin kendaraan yang jarang dipakai akan jauh lebih mudah rusak dibandingkan dengan kendaraan yang sering digunakan, meskipun dari segi tampilannya memang lebih bagus, namun karena tak digunakan, maka performanya justru akan turun dari waktu ke waktu, sehingga menyebabkan terjadinya masalah. Apalagi untuk jenis kendaraan tua, jadi sangat penting untuk merawat mesin tersebut secara benar agar tidak mengalami masalah semacam ini.

 Panduan Merawat Mesin Mobil Tua Agar Bisa Tetap Bekerja Secara Optimal

Berbicara mengenai kendaraan tua sendiri, memang banyak diantara masyarakat yang terkadang memiliki hobby di dalam mengoleksinya, tentunya karena beberapa macam alasan, seperti diantaranya adalah memiliki kenangan bagi mereka di saat masih muda, hingga dijadikan sebagai produk investasi sehingga kelak bisa dijual dengan harga yang lebih mahal. Hanya saja memang tak bisa dipungkiri jika seandainya merawat mesin mobil tua ini juga begitu sulit, karena rentan mengalami kerusakan. 

Adapun berikut ini diantara beberapa tips untuk perawatannya yang bisa Anda coba di rumah, yaitu: 

  1. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi mesinnya, pengecekan secara teratur ini memiliki peran yang sangat penting untuk mengetahui bagaimana kondisinya, apakah masih bisa digunakan dengan baik atau tengah terjadi masalah sehingga membutuhkan service, tentunya hanya mereka yang paham mengenai mesin saja yang bisa melakukannya.
  2. Oli dan bahan bakar harus selalu dipastikan masih ada, bagian lainnya yang paling riskan dalam sebuah kendaraan tua adalah oli dan juga bahan bakar, terkadang dalam jarak tempuh yang tidak seberapa maka oli ataupun bahan bakar sudah langsung habis, karena memang performanya sudah mulai turun dibandingkan dengan kondisi sebelumnya. Jadi itulah mengapa pemilik yang harus aktif mengecek dan memastikannya selalu dalam kondisi yang penuh, tak sampai kehabisan.
  3. Kabel dan juga ring harus selalu dicek, karena usianya sudah cukup tua biasanya ring atau kabel-kabel ini di bagian luarnya sudah mulai mengelupas, tentunya sangat riskan menyebabkan mesin bermasalah, sehingga harus selalu dicek apakah masih tampil baik atau harus diganti dengan yang baru.
  4. Pastikan rutin membawanya ke tempat service, tak kalah dengan kendaraan baru, jika ingin mobil tua Anda tetap bisa berfungsi secara maksimal, maka pastikan untuk rajin membawanya ke tempat service. Bawalah ke bengkel untuk sekedar dilakukan pengecekan, bila Anda sendiri kurang mengerti masalah mobil atau untuk dilakukan perbaikan.

 Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

Dengan demikian koleksi mobil tua atau lama Anda tetap bisa berfungsi secara maksimal, tentunya bisa membuat harga jualnya tetap tinggi. Merawat mesin tua ini memang agak sulit dibandingkan dengan mesin yang masih baru, apalagi untuk beberapa jenis kendaraan yang tak lagi dikeluarkan onderdilnya di pasaran, sehingga jika sudah rusak bingung bagaimana harus menggantinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *