Pahami Setiap Bagian Mesin Bor

Pahami Setiap Bagian Mesin Bor

Mesin bor merupakan salah satu mesin perkakas yang memang secara umum dipakai guna mengebor sebuah benda kerja. Ternyata di mesin ini juga bisa dilakukan beberapa pekerjaan yang lain contohnya seperti, meluaskan lubang, mengencangkan baut dan sebagainya. Pada waktu pelaksanaan pengeboran sebenarnya adalah sebuah poros yang berputar, yang dimana pada bagian ujungnya atau sebelah bawah disambungkan langsung ke mata bor yang bisa mengebor ke benda kerja namun sudah dijepit oleh meja dari mesin bor itu sendiri.

Pahami Setiap Bagian Mesin Bor

Maka secara umum pada waktu melaksanakan pengeboran di sebuah lubang dari benda kerja sangat dibutuhkan mesin bor yang bisa bekerja secara baik serta teliti. Mesin bisa mengebor benda kerja dengan cara terus menerus serta memiliki kecepatan untuk proses yang dapat disetting menurut kebutuhan kita serta bisa dilakukan berbagai macam pengeboran sesuai dengan kebutuhan tentunya. Beberapa bagian utama dari mesin bor adalah sebagai berikut:

  1. Spindel yang berfungsi untuk menggerakkan mata bor
  2. Drill head mempunyai fungsi untuk menopang mekanisme penggerak pisau potong serta menyalurkan ke benda kerja.
  3. Lengan radial, masuk pada bagian mesin ini dengan sistem kerja naik turun ataupun berputar yang dimana motor penggerak serta drill head bisa terpasang dengan kuat.
  4. Meja merupakan bagian yang bertugas menopang semua bagian mesin yang terbuat dari material besi cor, namun mempunyai kekuatan tinggi serta stabilitas luar biasa.

Ada beberapa jenis untuk mesin bor ini, adalah sebagai berikut:

  1. Bor meja, mesin ini biasanya dipakai untuk proses dari bor sederhana yang dimana pada waktu pengoperasiannya memakai sebuah penekanan tangan di bagian hand feed lever atau juga otomatik buat menurunkan mata bor agar bisa menuju ke benda kerja yang akan dilubangi.
  2. Bor tegak, bor ini adalah mesin meja yang mempunyai kemampuan untuk bisa mengerjakan benda kerja dengan ukuran yang jauh lebih besar dan dimana proses pemakanan daripada mata bor bisa dikendalikan naik turun dengan otomatis.
  3. Bor radial, mesin ini bisa dipakai buat benda kerja sekaligus berdimensi lumayan besar namun juga bersama pisau potong atau mata bor yang sangat besar.
  4. Bor Gang, ternyata memiliki lebih dari satu spindel, dan biasanya sekitar empat spindel bersama satu buah meja saja. Mesin ini sering dipakai guna melakukan beberapa kali operasi sekaligus maka bisa lebih cepat untuk selesai.

Baca juga Tips Tepat Memilih Mesin Bor Agar Mendapatkan yang Bagus

Mesin bor mempunyai harga yang bervariasi juga menurut type, merk, dan kegunaan dari mesin itu sendiri. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa daftar harga mesin tersebut.

  • BOSCH GSB 550 Impact 13 mm, harga (Rp. 463.000,-)
  • BOSCH GSB 1000 Baterai + Mata Bor Set, harga (Rp. 692.900)
  • Black & Decker KG100-B1 Small Angle Grinder Mesin Gerinda-100mm, harga (Rp. 349.000,-)
  • Black & Decker KC4815-B1 Obeng Elektrik, harga (Rp. 187.000,-)
  • Black & Decker TB555-B1, harga (Rp. 313.000,-)
  • BOSCH GSB 550 13 mm – Biru, harga (Rp. 469.000,-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *