Pahami Jenis dan Gerakan Mesin Bubut

Pahami Jenis dan Gerakan Mesin Bubut

Pengertian dari mesin bubut adalah sebuah mesin perkakas yang telah banyak dipakai pada industri, terutama industri bengkel teknik, manufaktur, kursus, lembaga pendidikan vokasional dan sebagainya. Kegunaan dari mesin ini untuk menjadikan berbagai jenis produk atau suatu benda kerja yang dilakukan dengan cara pemotongan. Tahap atau proses dari pemotongan benda kerja ini sendiri adalah dengan menyayat benda kerja kemudian berputar oleh sebuah alat potong atau dipahat, selanjutnya digerakkan lurus pada arah yang sejajar ataupun melintang dari sumbu benda kerja.

Pahami Jenis dan Gerakan Mesin Bubut

Bicara masalah sistem kerja dari mesin bubut adalah seperti ini. Sebuah benda kerja dengan keadaan dipasang dalam cekam mesin kemudian diputarkan lewat sebuah poros spindel mesin. Selanjutnya pahat bubut mulai digerakkan translasi memanjang atau juga melintang benda kerja sampai terjadi penyayatan dari benda kerja karena pahat.

Ketika proses pembubutan berlangsung, ada beberapa gerakan yang bisa digunakan pada mesin bubut:

  • Gerakan melintang

Caranya sumbu benda kerja digerakkan secara melintang kemudian dipahat. Gerakan seperti ini sering disebut sebagai pemotongan dari permukaan atau juga gerakan melintang.

  • Gerakan berputar

Poros spindel mesin melakukan gerakan berputar secara bersamaan dengan benda kerja. Sebutan dari gerakan seperti ini adalah gerakan putar relatif atau kecepatan potong.

  • Gerakan memanjang

Benda kerja dipahat dengan gerakan translasi dengan keadaan sumbu memanjang. Untuk gerakan seperti ini disebut dengan pemakanan.

Mesin bubut seperti ini mempunyai banyak cara untuk mengoperasikannya, seperti pengeboran, pengerjaan tepi, pembubutan, penguliran, penggurdian, meluaskan lubang dan sebagainya.

Mesin bubut sendiri dibagi menjadi 4 jenis mesin, seperti sebagai berikut:

  • Bubut Standar

Mesin ini ternyata mempunyai mesin yang berbeda sekali bentuknya dari mesin-mesin yang lainnya, bentuknya memang jauh lebih besar dan kokoh karena terpasang kuda-kudanya, dan itu menjadi standar supaya pembuatan mesin-mesin yang tergolong ringan.

  • Bubut meja panjang

Mesin merupakan mesin yang biasanya digunakan oleh industri contoh untuk membuat sesuatu yang besar serta panjang, seperti bahan roda gigi serta lainnya.

  • Bubut ringan

Mesin jenis ini digunakan untuk pengerjaan yang ringan-ringan saja atau latihan saja. Mesin ini mempunyai bentuk yang kecil sekaligus sederhana maka hanya bisa dipakai buat mengerjakan benda yang ukurannya kecil saja.

  • Bubut sedang

Mesin ini umumnya punya kontruksi yang khusus serta cermat. Maka bagus buat mengerjakan benda yang rumit serta variasi.

Baca juga: Cari Info Harga Sebelum Beli Mesin Bubut

Sedikit penjelasan daftar harga dari mesin bubut sekarang ini, seperti dibawah ini:

  • Merk Shenyang CW 6280 (3 meter), harga harga (Rp. 47.000.000,-)
  • Merk Magnum Tech FEL – 1640 GCY, harga (Rp. 80.000.000,-)
  • Merk Yunan Cry S1860 G (1,5 meter), harga (Rp. 27.000.000,-)
  • Merk AMC 36, harga (Rp. 38.000.000,-)
  • Tipe Spindel Bor Besar, harga (Rp. 165.000.000,-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *