Mist Blower Berkualitas untuk Penyemprotan Bubuk dan Cair

Mist Blower Berkualitas untuk Penyemprotan Bubuk dan Cair

Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang saat ini menuntut masyarakat untuk dapat mengikutinya. Salah satu produk hasil dari berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan adalah mist blower atau alat semprot. Alat ini berfungsi sebagai pembasmi hama, penyakit dan gulma (rumput) pada tanaman pertanian. Selain itu fungsi lainnya yakni sebagai alat penyemprotan disinfektan, fumigasi, pemupukan, dsb.

Mist Blower Berkualitas untuk Penyemprotan Bubuk dan Cair

Aplikasi Kecanggihan Teknologi dalam Bidang Pertanian

Mist blower merupakan salah satu jenis sprayer bertipe knapsack sprayer (gendong) yang berbeda dengan fogging. Alat ini menghasilkan cold fog (asap dingin) yang lebih berat sehingga partikelnya langsung jatuh ke bawah. Selain itu tujuannya bukanlah langsung membunuh hama atau penyakit tetapi cenderung untuk melekatkan residu yang menyebabkan kecacatan pada pertumbuhan serangga atau insekta. Salah satu knapsack sprayer yang berkualitas adalah tipe Tasco MD150.

Deskripsi Mesin Tasco MD150

Mist blower Tasco MD150 dilengkapi dengan 3 bagian pokok yakni reservoir (tangki) yang terbuat dari bahan komponen logam berupa perunggu plat baja atau bahan sintetis (plastik) dengan bentuk bulat pipih dan bulat panjang, pompa yang merupakan bagian terpenting (vital) berupa pompa udara maupun pompa hisap tekan, dan pengabut atau bagian selang dan perlengkapan nozzle.

Alat semprot atau penghembus ini juga dimanfaatkan untuk penyebar butiran dan lain-lainnya yang memiliki konstruksi untuk kombinasi. Pada mesin mist blower terdapat beberapa bagian pokok yaitu unit penghembus, unit tangki dan unit motor penggerak. Sedangkan jika berdasarkan sistem prinsip kerjanya dibagi menjadi 2 yaitu penyabut bermotor yang dilengkapi pompa (mist pompa) agitasi mekanis dan penyabut tak bermotor yang dilengkapi sistem air fissure (tekanan udara) agitasi udara.

Spesifikasi Mesin

Mist Duster atau mist blower bertipe Tasco MD150 dirancang khusus agar praktis dan mudah digunakan oleh pengguna dalam penyemprotan cairan (liquid) maupun penyemprotan butiran-butiran (dry). Produk ini juga telah didesain sangat sederhana oleh perusahaan pembuatnya dalam 2 jenis penggunaan di atas, yakni hanya dengan menurunkan tuas penutup pada sprayer. Adapun spesifikasi yang ada pada mesin penyemprot ini diantaranya adalah:

  • Dimension (dimensi) : 500 x 400 x 650 mm
  • Net Weight  (berat bersih): 10,5 kg
  • Tanxi capacity (Kapasitas tangki) : 14 liter
  • Kecepatan perputaran kipas : 3500-3600 mm
  • Semprotan : 2.3 liter/menit
  • Range (Jangkauan semprotan) : 12 meter
  • Tebaran : lebih dari 6 kg/unit
  • Sistem pengapian (ignition) : CDI

Baca juga: Mist Blower Terasa Asing di Telinga Anak Muda Metropolitan, Kenali Dulu Seluk Beluknya Berikut Ini!

Mesin kabut yang terletak pada Tasco MDI150 menghembuskan cairan berupa pestisida menjadi butiran kecil atau droplet dengan bantuan tenaga angin yang kuat dari miss blower tersebut. Dengan kata lain mesin penyemprot ini menggunakan sistem tekanan angin dengan cirri-ciri dapat menghembuskan cairan lebih sedikit dan efektif sehingga dapat menghemat biaya tenaga kerja dan efisiensi pemberantasan hama jauh lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *