Mesin Rontok Jagung Permudah Kinerja Petani

Mesin Rontok Jagung Permudah Kinerja Petani

Mesin rontok jagung ternyata sekarang ini adalah salah satu komoditas pangan yang lumayan banyak diminati dan dicari di Indonesia sekarang. Adanya pemanfaatan jagung yang luas serta beranekaragam membuat bahan pangan ini jadi laris dan laku di pasaran saat ini. Bisa jadi anda kurang mengetahui jika setiap bagian daripada jagung bisa dimanfaatkan, mulai dari biji jagung, bangkol jagung, kulit hingga kelobotnya bisa dimanfaatkan. Maka dari itu sebaiknya jagung mesti dimanfaatkan menjadi lebih maksimal.

Mesin Rontok Jagung Permudah Kinerja Petani

Tetapi bagian dari jagung yang sering sekali dimanfaatkan adalah bagian bijinya. Memang biji jagung tidak hanya dibuat jagung bakar saja, namun dapat diolah menjadi tepung jagung atau pati jagung. Melihat permintaan jagung semakin lama semakin banyak dan ramai, membuat mesin rontok jagung menjadi banyak dibutuhkan.

Manfaat dari mesin rontok jagung yaitu suatu mesin yang bermanfaat buat merontokkan biji jagung langsung dari bangkolnya atau dapat dibilang sebagai pemipil. Masalah pemipilan memang dianjurkan agar secepatnya untuk dilakukan scara segera usai panen dilakukan oleh petani. Ditambah lagi kalau panen dilakukan bersama kadar air yang tinggi, apabila tidak segera dilakukan pemipilan efeknya akan membuat jagung menjadi cepat dan mudah kena jamur.

Dengan memakai mesin rontok jagung maka proses pemipilan yang sebelumnya dilakukan oleh para petani dengan cara manual bakal jadi jauh lebih cepat. Total jumlah jagung yang bisa dipipil juga menjadi lebih banyak dan lebih meningkat. Misal jika pemipilan secara manual dilakukan oleh petani dalam satu jamnya mungkin hanya menghasilkan 10 sampai 20 kilogram saja. Tetapi apabila menggunakan mesin rontok jagung, dapat dipipil sekitar 100 hingga 500 kilogram setiap jamnya.

Cara kerja dari mesin rontok jagung sangat mudah sekali. Caranya hanya perlu memasukkan jagung ke corong yang ada pada mesin, kemudian secara otomatis akan masuk ke dalam tabung pemipil dan akan dilakukan proses pemipilan jagung langsung dari bangkolnya.

Berikut ini merupakan daftar harga mesin rontok jagung, menurut merk dan tipenya masing-masing:

  • Perontok jagung tipe MZ-268; dimensi: 70 x 60 x 125cm, daya: 1Hp + ½ Hp + ¼ Hp, voltase: 220V/1P/50Hz, kapasitas: 400 – 500 Kg/Jam, berat: 100 Kg; Harga Rp. 6.800.000,-
  • Perontok jagung tipe HX-460; dimensi: 55 x 40 x 88cm, daya: 2.200 watt, voltase: 220V/1P/50Hz, kapasitas: 500 Kg/Jam, berat: 61 Kg; Harga Rp. 4.200.000,-
  • Perontok jagung kering impor, kapasitas 500 Kg/Jam, Harga Rp. 2.200.000,-
  • Perontok jagung basah impor, kapasitas 400-500 Kg/Jam, Harga Rp. 50.000.000,-

Baca juga: Kebutuhan Wajib Petani Adalah Mist Blower

Semoga informasi yang sudah disampaikan di artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Daftar harga mesin rontok jagung diatas sifatnya hanya sekedar info saja, karena biasanya setiap daerah atau setiap merk mempunyai perbedaan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *