Mesin Potong Rumput Dorong Dan Gendong

Memiliki halaman yang ditumbuhi rumput rapih dan hijau membuat rumah terlihat asri, adem dan nyaman dipandang. Namun hal tersebut harus dibarengi dengan perawatan, jika tidak maka rumput akan tumbuh dan membuat halaman terlihat tidak terawat. Solusi yang praktis adalah menggunakan mesin potong rumput.

Sebelum membeli mesin pemotong rumput, ada baiknya ketahui jenis mesin pemotong. Dengan mengetahui hal tersebut diharapkan Anda mendapatkan mesin yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: PRODUK MESIN POTONG RUMPUT BESERTA HARGANYA

Pemotong Rumput Dorong

Mesin pemotong jenis ini hanya cocok digunakan untuk halaman yang kondisi tanahnya rata. Pada bagian tangkai pendorongnya bisa dilipat dan muda disimpan jika tidak digunakan. Mesin ini dapat memotong rumput sampai ke pinggir sesuai dengan jalur roda. Menggunakan mesin ini dapat menampung rumput dan tidak sulit dipasang maupun saat dilepaskan.

Jika halaman rumah Anda luas dan berbentuk segi empat bisa gunakan mesin ini dengan cara mendorong dan menggunakannya berkeliling memutar. Hal ini tujuannya agar rumput yang sudah terpotong terkumpul di tengah halaman rumah, sehingga rumput yang terpotong bisa dengan mudah dikumpulkan dan dibuang.

Disarankan memotong rumput pada waktu siang hari, karena embun yang menempel di rumput sudah hilang, sehingga rumputdapat dengan mudah terpotong dan terkumpul di penampungan yang terdapat di mesin.

Pemotong Rumput Gendong

Mesin pemotong jenis ini digunakan untuk memotong rumput lapangan maupun halaman yang memiliki permukaan tanah tidak rata atau bergelombang. Bentuk mesin ini mirip dengan mesin penyemprot hama yang biasanya digunakan oleh para petani. Mesin ini memiliki gagang besi yang ukurannya panjang. Cara menghidupkan mesin ini tinggal menarik bagian tuas yang letaknya berada di dekat mesin.

Pada waktu menggunakan mesin pemotong jenis ini sebaiknya digunakan dengan cara berjalan maju, bukan mundur. Jika terdapat batu di tanah sebaiknya singkirkan terlebih dulu sehingga pisau pemotongnya tidak rusak atau cacat.

Adapun pisau mesin ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Pisau palang, digunakan untuk memotong rumput yang ukurannya besar, seperti: rumput gajah, alang-alang dsb.
  • Pisau bulat bergigi 8, digunakan untuk memotong rumput di semak belukar.
  • Pisau bulat dengan gigi 80, digunakan untuk memotong rumput atau tumbuhan yang besar.

Berbeda dengan mesin pemotong jenis dorong yang hanya memiliki satu jenis pisau saja. Jika Anda sudah memiliki atau membeli mesin pemotong, sebaiknya lakukan perawatan dengan benar. Perawatan merupakan poin penting agar mesin tetap bertahan lama, awet dan performanya tetap terjaga dengan baik.

Demikian pembahasan seputar jenis mesin pemotong rumput yang perlu Anda ketahui.Semoga artikel ini membantu Anda khususnya yang sedang mencari dan memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi halaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *