Mesin Laundry yang Wajib Anda Miliki Jika Menjalankan Bisnis Laundry

hargamesin.com-mesin laundry

Bisnis laundry tidak lepas dari peralatan yang dibutuhkan dan menjadi modal menjalankan bisnis agar lancar. Apa saja mesin yang digunakan untuk membuka usaha laundry? Di artikel ini kita akan membahas mesin laundry beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing dengan harapan dapat memberikan informasi dan gambaran umum tentang usaha laundry.

Mesin Cuci

Mesin cuci atau washing machines adalah peralatan yang digunakan dalam bisnis kiloan. Biasanya sama dengan mesin cuci yang digunakan untuk rumah tangga.

Mesin cuci yang beredar di pasaran bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  • Mesin front loading

Mesin cuci ini adalah mesin laundry yang bukaannya terdapat di bagian depan. Kelebihannya : memiliki daya putar yang tinggi dan bisa diatur sesuai kebutuhan. Jika Anda memiliki lebih dari satu mesin cuci, bisa menyimpan dengan cara ditumpukkan sehingga lebih menghemat ruangan. Kelemahan mesin jenis front loading adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan mesin cuci jenis top loading dan membutuhkan daya listrik yang besar.

  • Mesin top loading

Mesin cuci top loading adalah mesin cuci yang bukaannya terdapat di bagian atas. Kelebihannya: harganya lebih murah, daya listrik yang dibutuhkan kecil juga bisa digunakan untuk merendam pakaian. Selain itu mesin ini memiliki banyak fitur, seperti: quick wash, timer, spin dan lain-lain.

Mesin pengering

Dryer atau mesin pengering adalah mesin yang digunakan untuk membantu proses pengeringan lebih cepat. Hanya 1-2 jam saja pakaian sudah bisa kering.

Ada dua jenis mesin pengering yang bisa Anda jadikan pilihan, yaitu:

  • Mesin pengering listrik

Mesin pengering listrik adalah mesin yang proses pengeringannya menggunakan daya listrik. Jenis mesin ini kelebihannya adalah lebih praktis dipasang, sedangkan kekurangannya membutuhkan daya listrik yang besar.

Baca juga: MESIN CUCI BAGUS DAN COCOK UNTUK USAHA LAUNDRY PEMULA

  • Mesin pengering gas

Mesin pengering gas adalah mesin pengering yang pemasnya menggunakan bahan bakar gas. Kelebihannya lebih hemat dan menggunakan daya lisrik yang rendah. Sedangkan kekurangannya adalah saat gas habis Anda harus membolak balik mengganti tabung. Anda juga harus memasang intalasi gas dan listrik.

Mesin Merapihkan Pakaian

Selain mesin cuci dan pengering, menjalankan bisnis laundry harus dilengkapi alat untuk merapihkan pakaian yang kita kenal dengan nama setrika/ mesin ironing. Mesin ironing digunakan setelah pakaian kering. Ada dua jenis setrika yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Mesin setrika listrik

Setrika listrik adalah penghalus pakaian yang biasa digunakan di rumah rangga. Harganya murah, ringan dan mudah digunakan. Namun, setrika jenis ini menggunakan daya listrik yang besar dan bisa merusak pakaian yang disablon dari karet.

  • Mesin setrika uap

Ada kelebihan dari setrika uap yaitu: hasilnya lebih rapi, prosesnya cepat dan tidak memerlukan listrik dan tidak menghambat kelenturan kaos yang disablon. Namun sayangnya harga setrikaan uap lebih mahal dan memerlukan instalasi bloyer.

Demikian pembahasan mengenai peralatan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis laundry. Selain mesin cuci, pengering dan pelican pakaian  ada peralatan lainnya yang tidak kalah penting yaitu mesin laundry spotting dan mesin steamer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *