Mesin Gergaji Jigsaw Vs Circular, Mana yang Lebih Bagus? Simak Dulu Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Mesin Gergaji Jigsaw Vs Circular, Mana yang Lebih Bagus? Simak Dulu Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Untuk memotong benda dengan ketebalan yang tinggi memang tidak mungkin mengandalkan sebatang pisau saja, apalagi jika seandainya benda tersebut juga memiliki komponen yang padat di dalamnya, sehingga tidak bisa dengan mudah dipatahkan, membutuhkan sebuah alat khusus yang dinamakan sebagai mesin gergaji. Pastinya sudah sangat sering diantara Anda yang mendengar tentang mesin yang satu ini.

Mesin Gergaji Jigsaw Vs Circular, Mana yang Lebih Bagus? Simak Dulu Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Seperti namanya mesin tersebut memang bekerja sesuai dengan prinsip alat pemotong yaitu gergaji namun jika gergaji standard digunakan dengan cara manual masih memakai tenaga, maka tidak dengan model yang satu ini. Mesin ini dipakai berbasis alat atau tenaga yang dihasilkan dari listrik, bisa berputar secara otomatis mengikuti alur kebutuhan dalam pemotongan dan digunakan secara cepat untuk memotong sebuah benda kerja sesuai dengan keinginan.

Hasil dari potongan yang didapatkan juga sangat rapi dibandingkan dengan memotong secara manual. Kebanyakan dipakai dalam sebuah industri besar, karena kebutuhan kerja yang memang lebih tinggi dibandingkan dengan bidang usaha kecil. Mesin gergaji ini sendiri terbagi atas 2 jenis, diantaranya adalah:

Gergaji jigsaw

  1. Memiliki kebutuhan konsumsi daya penggunaan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis gergaji yang lainnya, ukurannya sendiri juga lebih kecil dan praktis dalam pemakaiannya.
  2. Mesin yang satu ini dapat digerakkan dengan bebas untuk sistem pemotongannya, entah itu lurus maupun ingin memotong bentuk zigzag, semuanya dapat disesuaikan dengan selera sendiri.
  3. Dari segi bobotnya sendiri juga terbilang ringan, sehingga dapat dioperasikan secara lebih mudah tanpa harus menghabiskan terlalu banyak tenaga.
  4. Material yang dapat dipotong dengan gergaji ini juga begitu banyak, tak hanya kayu saja.

Gergaji circular

  1. Model yang satu ini lebih cepat dan juga nyaman digunakan untuk memotong sebuah kayu yang panjang, namun dengan catatan jenis potongannya lurus, tidak zigzag atau dengan bentuk-bentuk yang lainnya.
  2. Mata pisaunya tergolong relatif lebih awet jika dibandingkan dengan seri jigsaw, karena memang dibuat dari bahan yang lebih tebal, selain itu juga sangat mudah dalam hal perawatannya.
  3. Dari segi bobotnya sendiri memang lebih besar, sehingga terkadang tidak semua orang dapat mengoperasikannya, hanya beberapa kalangan tertentu saja dengan tenaga yang relatif tinggi maka mampu menggunakan mesin ini.
  4. Daya listrik yang dipakai dalam pengoperasiannya tergolong lebih tinggi, jadi cukup boros terhadap aliran listrik.

Baca juga Mengenal Teknik Kerja Chain Saw Atau Gergaji Mesin

Setelah membandingkan konsumen bisa menentukan sendiri mesin gergaji mana yang paling cocok untuk dijadikan sebagai pilihan, bagaimanapun beberapa bidang usaha manufaktur amat sangat membutuhkan alat ini, dipakai untuk mempercepat dan juga memperbanyak produktivitas kerjanya. Pastikan juga memilih dari merk terkenal berkualitas sehingga tidak mudah rusak ketika digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *