Mesin Chain Saw Anda Sering Mengalami Masalah? Atasi dengan Cara Pintar Ini!

Mesin Chain Saw Anda Sering Mengalami Masalah? Atasi dengan Cara Pintar Ini!

Di zaman modern sekarang ini, banyak sekali produk atau alat yang diciptakan dengan memiliki teknologi yang begitu canggih serta semakin memudahkan segala hal yang dikerjakan atau yang dilakukan oleh manusia yang menggunakannya. Mungkin sebagian besar dari masyarakat Indonesia lebih merasakan hal tersebut dibagian aspek komunikasi, edukasi dan pekerjaan yang berbasis pada perkantoran. Namun tidak hanya itu saja, nyatanya ada berbagai aspek yang juga mengalami kemajuan teknologi dan menciptakan sebuah alat yang jauh lebih berguna dan membuat para penggunanya merasa lebih nyaman ketika menggunakannya. Salah satu produk yang bisa dirasakan juga kemajuannya adalah mesin chain saw atau yang kerap disebut sebagai gergaji mesin. Berbeda dengan gergaji pada umumnya, jenis alat ini memang didesain secara khusus untuk bisa memotong kayu yang berukuran besar, seperti misalnya memotong pohon. Namun, meski sudah dibekali dengan teknologi canggih, nyatanya benda ini juga kerap memiliki masalah, berikut diantaranya:

Mesin Chain Saw Anda Sering Mengalami Masalah? Atasi dengan Cara Pintar Ini!

  • Tidak Dapat di starter

Masalah pertama yang paling sering dialami oleh para penggunanya adalah alat tersebut tidak mau menyala meski sudah melakukan starter. Hal ini bisa saja dikarenakan bagian businya yang tidak mengeluarkan kembang api atau pun mesin mengalami banjir. Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan businya terlebih dahulu. Pastikan jika alat tersebut dalam keadaan mati, kemudian lepaskan businya dan tariklah tuas choke kemudian recoil starter hingga 5 sampai 10 kali.

  • Putaran Tidak Stabil

Masalah selanjutnya yang dapat timbul pada mesin chain saw Anda adalah mesin yang tidak dapat berputar dengan stabil. Hal ini bisa dikarenakan karburatornya mengeluarkan angina dan bahan bakarnya tidak seimbang. Untuk mengatasinya, akan lebih baik jika bagian baut stationer dari bahan bakarnya bekerja searah dengan jarum jam, serta putarlah baut tersebut berlawanan jika terdapat angina di dalamnya hingga suaranya terdengar kembali stabil lagi.

  • Tidak Bekerja dengan Cepat dan Mengeluarkan Asap

Ada 3 hal yang berpotensi menyebabkan masalah tersebut, yakni:

  • Ada kesalahan dalam pencampuran minyak dan bahan bakar.
  • Filter udaranya yang kotor.
  • Bagian karburator membutuhkan High Jet atau H penyesuaian.

Hal ini dapat diatasi dengan cara menggunakan bahan bakar yang baru dan mencampurnya dengan minyak secara benar, bisa juga dengan membersihkan filter udaranya dengan menggunakan air sabun dan dibilas dengan air hangat, dan bisa juga dengan menyetel kaburatornya hingga benar.

Baca juga Mengenal Teknik Kerja Chain Saw Atau Gergaji Mesin

  • Rantai Tidak Berputar

Masalah terakhir yang paling sering dijumpai oleh setiap pengguna mesin chain saw ini adalah rantai dari alat tersebut tidak dapat berputar meski pun mesin sudah dalam keadaan menyala. Hal ini bisa dikarenakan oleh rem rantai yang bergerak, rantai disetel terlalu kencang, salah pasang, rantai sudah rusak, atau gear rusak. Hal ini dapat diatasi dengan memperbaiki setelannya atau pun menggantinya dengan yang baru jika rusak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *