Mesin Canggih untuk Printer 3D yang Bisa Cetak Organ Tubuh Tiruan

Bagi Anda yang sudah sering berhubungan dengan berbagai macam dokumen untuk kepentingan pribadi, bisnis atau pekerjaan di kantor, maka pasti sudah tidak asing dengan peran dari mesin cetak. Ya, printer menjadi salah satu benda yang selalu wajib ada karena memegang peranan vital menjadikan dokumen dalam perangkat menjadi kertas nyata. Namun Anda perlu tahu jika kini sudah ada mesin canggih printer yang mampu mencetak secara 3D dengan hasil yang mencengangkan serta kontroversi di baliknya. Pasti Anda penasaran bukan?

Memang printer untuk cetak 3D sudah lama direncanakan keberadaannya. Para vendor pun terus menerus lakukan inovasi dan penelitian namun selama bertahun lamanya tetap saja printer untuk cetak 3D ini masih belum bisa terealisasi. Namun ternyata seiring dengan berkembangnya zaman, kini sudah ada perusahaan Amerika yang bergerak di bidang elektronik yang bernama Biobots dan telah mengembangkan teknologi canggihnya sehingga mampu membuat inovasi baru di bidang printer 3D. Dengan adanya printer 3D, maka diharapkan di masa depan nanti manusia akan bisa lebih mudah dalam membentuk segala jenis replika yang sesuai dengan aslinya.

Seperti halnya fungsi printer 3D dimana digunakan untuk bisa mencetak gambar secara 3 Dimensi. Selain itu yang menjadikan printer dari Biobots ini kontroversial adalah dimana printer ini mampu cetak organ tubuh tiruan dari manusia dengan pemanfaatan cairan tinta dimana nantinya diubah jadi jaringan sel buatan sehingga bisa menyerupai organ manusia. Unik, namun juga menyeramkan bukan? Karena kontroversi inilah beberapa pihak hingga kini masih melakukan pelarangan akan penggunaan mesin canggih printer ini.

Printer Biobot 3 Dimensi ini bisa menghasilkan jaringan tiruan manusia lewat campuran cairan. Cairan ini diberi nama Bio Ink dimana zat ini yang akan gantikan peran plastik dari bentuk organ yang bisa dihasilkan. Untuk pencetakannya sendiri butuh sebanyak dua ekstruder yang bisa menyinari obyek menggunakan dua sinar biru. Dengan adanya teknologi canggih yang diusungnya ini, maka tak mengherankan jika hasil yang dibuatnya bisa betul mirip dengan organ manusia asli, terlebih dengan paduan teknologi kolagen.

Yang mencengangkan lagi, ternyata mesin canggih 3D yang satu ini baru saja selesai membuat telinga tiruan dari Van Gogh. Ya, upaya yang satu ini kemudian membuktikan jika Biobots memang serius dalam hal pengembangan teknologi 3 Dimensi canggih yang kontroversial itu. Untuk bisa memiliki mesin printer yang unik satu ini, Biobot membandrol produk ini dengan harga yang cukup tinggi yakni di sekitar harga $10.000 atau jika dirupiahkan maka sekitar 130 jutaan. Namun apabila dibandingkan dengan fungsi serta kegunaannya, maka harga tersebut dirasa amat sepadan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *