Mesin Bor Punya Banyak Jenis Dan Harga Bervariasi

Mesin Bor Punya Banyak Jenis Dan Harga Bervariasi

Pengertian dari mesin bor adalah sebuah jenis mesin yang gerakannya memutarkan alat pemotong, arah dari pemakanan sendiri yaitu mata bor cuma dalam sumbu mesin itu (untuk perlubangan). Kalau pengeboran merupakan suatu operasi agar menghasilkan lubang yang mempunyai bentuk bulat pada lembaran kerja dengan memakai pemotong putar yang sering dikatakan BOR.

Mesin Bor Punya Banyak Jenis Dan Harga Bervariasi

Baca juga Rekomendasi Mesin Bor untuk Pilihan Anda dalam Berbagai Keperluan

Mesin bor mempunyai beberapa jenis mulai dari bor meja, bor tangan, bor tegak, bor radial, bor lantai, bor koordinat dan bor berporos.

  1. Bor meja merupakan mesin yang hanya diletakkan diatas meja saja. Mesin ini dipakai guna membuat lubang dari benda kerja yang mempunyai diameter kecil batasannya hanya sampai diameter 16 mm. Prinsip kerjanya yaitu putaran motor listrik kemudian dilanjutkan ke poros mesin hingga poros berputar. Kemudian poros berputar yang otomatis menjadi pemegang dari mata bor agar bisa digerakkan naik turun bersama bantuan roda gigi rack dan lurus yang bisa mengatur akan tekanan pemakanan ketika melakukan pengeboran. Harga dari mesin ini sekitar satu jutaan, tergantung merk juga.
  2. Bor tangan adalah suatu mesin yang cara kerjanya dengan memakai tangan serta bentuknya kurang lebih mirip dengan pistol. Kegunaan mesin ini biasanya untuk memberi lubang kepada kayu, plat logam, atau tembok. Ternyata mesin ini selain dipakai membuat lubang juga dapat digunakan buat mengencangkan baut karena disertai dengan dua putaran kanan serta kiri. Harga mesin ini sekitar 200-300 ribuan saja.
  3. Bor tegak dipakai buat mengerjakan suatu benda kerja bersama ukuran yang jauh lebih besar, yang dimana tahap pemakanan dari mata bor bisa dikendalikan secara otomatis guna naik turun. Dalam proses pengeboran sendiri, ternyata poros utamanya digerakkan untuk naik hanya sesuai kebutuhan saja. Meja bisa diputar sampai 360, diikat sumbu berulir di batang mesin, yang membuat meja dapat naik turun. Harga dari mesin ini mulai 200-500 ribuan saja.
  4. Bor radial memang dibuat untuk pengeboran dari benda-benda kerja yang mempunyai ukuran besar serta berat. Mesin ini bisa langsung dipasang di lantai, kalau meja mesin sudah terpasang dengan permanen dalam suatu landasan atau disebut alas mesin. Harga bor radial adalah puluhan juta bahkan sampai ratusan juga.
  5. Bor lantai, bor dengan cara dipasang di lantai. Ini disebut juga sebagai bor kolom. Biasanya bor ini dirancang buat proses pengeboran benda-benda kerja besar serta berat.
  6. Bor koordinat, bor ini pada dasarnya mempunyai prinsip kerja sama dengan yang lainnya. Bedanya dalam sistemnya sebuah pengaturan posisi dari pengeboran. Harganya di banderol sekitar jutaan hingga puluhan juta.
  7. Bor berporos, bor ini memiliki lebih dari satu spindel, dan biasanya satu meja digunakan empat spindel. Mesin ini dipakai untuk langsung beberapa operasi, maka lebih cepat buat produksi secara masal sejumlah 20. Harganya sekitar jutaan hingga puluhan juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *