Merawat Mesin Pompa Air Ternyata Begitu Mudah, Ikuti Tips Pintar Ini!

Merawat Mesin Pompa Air Ternyata Begitu Mudah, Ikuti Tips Pintar Ini!

Hampir setiap rumah tangga yang ada di Indonesia, khususnya yang bertempat di sebuah perkotaan yang padat akan penduduknya seperti Jakarta ini sudah mendapatkan air bersih yang dapat mereka gunakan untuk mandi, mencuci pakaian, mencuci piring, dan lain sebagainya. Pasokan air bersih tentunya sangat penting untuk setiap rumahnya di kota ini, karena hampir semua kegiatan yang berhubungan dengan bersih-bersih pastinya membutuhkan air. Untuk membuat air bersih tersebut bisa naik mengalir ke selang atau pun tertampung di bak penampungan Anda, maka diperlukanlah mesin pompa air yang sekarang ini juga menjadi pilihan pertama oleh masyarakat Indonesia. Dengan hadirnya mesin ini, pastinya memompa air bersih sudah sangat praktis dan mudah, tidak sesudah zaman dulu. Namun, umumnya mesin ini dapat digunakan dalam waktu 6 hingga 10 tahun saja, namun Anda bisa memperpanjangnya dengan merawat mesin tersebut dengan baik dan juga benar, yakni dengan menerapkan cara berikut:

Merawat Mesin Pompa Air Ternyata Begitu Mudah, Ikuti Tips Pintar Ini!

  • Tempat yang Kering

Jangan berspekulasi bahwa karena kegunaan mesin ini adalah memompa air untuk bisa sampai dipergunakan oleh manusia, maka Anda meletakkannya di tempat yang tergenang air. Hal tersebut tentunya adalah salah, sebaliknya, lebih baik jika Anda menempatkan mesin tersebut pada tempat yang kering serta tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung mau pun terkena air hujan. Pastikan juga jika tempat dimana Anda menaruhnya memiliki sirkulasi udara yang baik agar alat yang satu ini dapat memiliki umur yang panjang.

  • Memiliki Saklar Khusus

Hal selanjutnya yang dipercaya dapat membuat alat tersebut menjadi lebih tahan lama adalah dengan memberikan saklar khusus agar tenaga yang digunakan oleh mesin tersebut dapat lebih stabil. Dengan ini pun, tegangan listrik yang diperoleh tidak akan berkurang, saklar juga tidak akan cepat rusak, dan meminimalisir terjadinya percikan api yang dapat memicu kebakaran. Pastikan untuk merawat mesin ini dengan menggunakan cara tersebut agar lebih awet.

  • Jangan Gunakan jika Sumber Air Kering

Ketika Anda mengetahui bahwa sumber air sedang mengalami kekeringan, maka jangan sekali-sekali mencoba untuk menggunakannya atau bahkan menyalakan mesin tersebut. Hal ini dapat memicu mesin tersebut menjadi lebih panas namun secara tidak normal. Jika terus dibiarkan, maka mesin tersebut pun akan lebih cepat rusak, terutama pada motor penggeraknya dan bisa saja memicu terjadinya kebakaran dan merugikan Anda.

Baca juga Mengenal Jenis Mesin Air Beserta dengan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

  • Bersihkan dengan Rutin

Merawat mesin yang satu ini memang terbilang mudah karena dengan rajin-rajin membersihkannya pun dapat membuat mesin tersebut lebih tahan lama. Dengan membersihkan mesin tersebut, maka akan memperkecil kemungkinan akan terjadinya karat dan juga kotoran yang menumpuk sehingga dapat masuk ke bagian dynamo motor dan akhirnya membuat mesinnya bekerja dengan tidak maksimal, maka Anda pun pastinya akan terasa terganggu dan tidak nyaman menggunakannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *