Merawat Mesin Motor Agar Selalu Dapat Diandalkan

Merawat Mesin Motor Agar Selalu Dapat Diandalkan

Jumlah motor yang berseliweran di jalanan membuktikan bagaimana alat transportasi ini menjadi alternatif pilihan masyarakat Indonesia pada umumnya. Motor dianggap sebagai solusi efektif dan efisien di jalanan sejumlah wilayah perkotaan yang seringkali terjadi kemacetan. Sebagai alat transportasi andalan, motor pun harus selalu prima setiap saat. Merawat mesin motor pun dilakukan secara rutin untuk menghidari kerusakan parah yang pastinya juga memerlukan biaya yang tidak murah.

Merawat Mesin Motor Agar Selalu Dapat Diandalkan

Tips Merawat Mesin Motor Agar Lebih Awet

Guna menghidari kerusakan mendadak di tengah perjalanan ataupun kerusakan parah yang memerlukan perbaikan mahal, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk merawat mesin sepeda motor Anda, antara lain;

  • Jenis Bahan Bakar

Pemilihan jenis bahan bakar nyatanya juga memengaruhi performa mesin. Agar mesin tetap awet, pilihlah bahan bakar dengan oktan 90 ke atas agar pembakaran menjadi optimal dan komponennya lebih bersih. Pemilihan bahan bakar kualitas rendah justru meninggalkan kerak di sistem injeksi hingga emicu kerusakan komponen mesin lainnya.

  • Cek Aki

Rutin memeriksa kondisi aki sangatlah penting, utamanya pada motor berteknologi injeksi. Aki menjadi sumber daya bagi sistem pembakaran. Segera lakukan penggantian ketika kelistrikan pada kendaraan Anda sudah tidak optimal lagi. atau jika menggunakan aki basah, selalu cek dan tambahkan air aki jika tinggi permukaan berkurang cukup banyak.

  • Ganti Oli

Ganti oli menjadi hal rutin setidaknya 2 bulan sekali, apalagi  jika motor dipaksa menempuh jarak sampai 1.000 km dalam jangka waktu tersebut. Oli sebagai pelumas juga menjadi sarang kotoran dan serpihan komponen mesin dan sangat mungkin mempengaruhi kondisi jerohan tersebut.

  • Cek ECU

ECU (Electronic Control Unit) berfungsi untuk menjaga kinerja sistem injektor dapat bekerja dengan baik. Motor injeksi yang tiba-tiba mogok dapat disebabkan karena komponen ini mengalami kerusakan.

  • Periksa Busi

Busi menjadi pemantik api untuk proses pembakan. Bila pemantik ini rusak, proses pembakaran pun menjadi tidak sempurna sehingga mesin terasa kurang bertenaga hingga tidak mau menyala. Kotoran yang menyumbat permukaan busi menjadi penyebab utama kerusakan. Anda bisa saja membersihkannya atau harus mengganti jika memang busi sudah tidak maksimal.

  • Sesekali Isi Fulltank

Motor injeksi yang sampai kehabisan bensin akan kesulitan untuk menyalakannya. Berbeda dengan motor generasi sebelumnya. Selalu periksa kondisi tangki bensin Anda, jangan sampai kosong dan nekat melanjutkan perjalanan. Tangki yang terbiasa kosong juga dapat memicu timbulnya kerak yang dapat menyumbat pasokan bahan bakar.

  • Service Rutin

Meskipun Anda juga merawat mesin motor sendiri di rumah, service tune up juga sebaiknya tetap Anda lakukan secara rutin setidaknya 3 bulan sekali. Pilihlah bengkel resmi atau bengkel yang berpengalaman untuk memastikan kualitas service yang diberikan.

Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

Itulah tadi beberapa tips merawat mesin motor agar awet. Siapapun pastinya menginginkan kendaraan yang easy going, alias gampang diajak kemana saja kapan saja. Memilikinya Anda pun harus rela melakukan perawatan. Tak peduli itu motor lawas atau motor baru sekalipun, mesin pasti butuh dirawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *