Menilik Beberapa Jenis-jenis Mesin Bubut Sederhana yang Bisa Dipilih

Mesin bubut merupakan salah satu peralatan industri, yang banyak digunakan untuk menghasilkan sayatan yang berbentuk ulir, dimana ulir ini, nantinya akan digunakan oleh sebuah benda kerja, sebagai sebuah media penahan ataupun media kerja dari alat kerja lainnya. Mesin yang memiliki sistem kerja memutar benda kerja, agar terkena sayatan dari pisau pahat ini, pada umumnya lebih sering kita temukan dimiliki oleh industri besar sebagai alat bantu kerja mereka. Namun demikian tak jarang pula mesin yang satu ini juga banyak digunakan sebagai alat bantu kerja pada sebuah bengkel. Mesin ini bahkan banyak dijadikan sebagai sebuah media ataupun alat dalam pemberian jasa bubut bagi bengkel-bengkel kecil yang ada.

Sistem kerja dari mesin yang satu ini merupakan sistem kerja yang berpangkal pada pisau bubut yang digunakan untuk melakukan pembuangan permukaan media kerja yang akan dibentuk menjadi bentuk ulir ataupun bentuk tertentu lainnya, sesuai dengan desain media kerja tersebut. Pisau pahat yang digunakan pada mesin ini, merupakan pisau tetap yang bergerak dengan arah sejajar, dimana sumbu putar dari media kerja menjadi pangkal utama gerakan dari pisau tersebut. Hal ini berarti bahwa pisau pahat akan tetap berada ditempat dan pergerakan untuk melakukan pahatan, akan dilakukan oleh media kerja, dengan bantuan dari sumbu pemutar.

Di Indonesia sendiri, mesin bubut dikenal dalam beberapa jenis, sesuai dengan peruntukkan dan kegunaan mesin tersebut. Adapun beberapa jenis dari mesin tersebut, antara lain adalah:

  • Mesin dalam kategori ringan, merupakan mesin untuk melakukan pembubutan pada jenis pekerjaan ringan dan memiliki bentuk kecil dan sederhana. Pada umumnya mesin ini lebih sering digunakan pada bengkel-bengkel kecil seperti bengkel pembuatan bangku ataupun furniture lainnya.
  • Mesin dalam kategori sedang, merupakan mesin yang dipergunakan untuk membantu pekerjaan dengan banyak variasi didalamnya. Pada umumnya mesin ini lebih sering digunakan sebagai alat perbaikan perkakas industri lainnya.
  • Mesin standar, merupakan mesin untuk melakukan pekerjaan pembubutan ringan ataupun variasi. Mesin ini memiliki daya kuda-kuda yang lebih kuat dibanding dengan mesin untuk bubut lainnya untuk pengerjaan yang sama.

Dalam menjalankan mesin untuk melakukan pekerjaan pembubutan ini, memang dibutuhkan tenaga profesional yang telah mengerti dan memahami berbagai panel yang ada didalam mesin, sehingga mesin dapat digunakan dengan optimal. Selain itu hasil yang dikerjakan pun dapat memiliki kualitas yang tinggi serta rapi dan layak untuk dipergunakan. Tenaga profesional tersebut juga akan memiliki berbagai ide pengerjaan dari media kerja yang sulit untuk diperbaiki.

Bagi Anda yang memang membutuhkan mesin bubut sebagai alat bantu kerja pada usaha yang Anda jalankan, akan lebih disarankan bagi Anda untuk melakukan pembelian pada toko khusus yang menyediakan mesin-mesin industri didalamnya, dan pastikan Anda memilih merek terbaik dari mesin tersebut, agar nantinya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *