Mengulas Tentang Manfaat Penggunaan Mesin Padi Modern untuk Meningkatkan Produktifitas Pertanian

Dunia mesin dan robot saat ini sudah mengalami perkembangan sangat pesat. Saat ini bahkan sudah ada robot menyerupai manusia yang bisa melakukan pekerjaan rumah. Dalam bidang pertanian, juga sudah mulai banyak ditemukan mesin-mesin baru untuk mempermudah kerja para petani dalam berbagai bidang pekerjaan. Salah satu mesin yang sudah banyak digunakan dan terbukti bermanfaat untuk meningkatkan hasil pertanian adalah mesin padi.

Mesin yang digunakan untuk mengolah padi sekarang ini bukan hanya satu buah mesin saja. Mesin-mesin tersebut memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa jenis mesin yang digunakan untuk mengolah padi secara cepat:

Baca juga: Memakai Mesin Padi Canggih Bisa Mempersingkat Proses Pekerjaan Anda

  • Mesin penanam padi.
  • Mesin pemanen padi.
  • Mesin merontokkan padi.
  • Kombinasi ketiga fungsi tersebut.

Dari beberapa jenis di atas, masih dibagi lagi menjadi sesuai dengan dimensinya karena sekarang ini ada mesin yang dibuat dengan ukuran lebih kecil sehingga lebih mudah dipindahkan. Ada juga mesin berukuran besar untuk skala industri yang mencakup banyak tujuan penggunaan.

Berbagai manfaat yang diberikan ketika Anda menggunakan mesin padi tersebut antara lain:

  • Mempercepat proses yang dikerjakan.

Jika Anda membandingkan antara penggunaan mesin dengan kinerja manusia, maka sudah pasti mesin bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan lebih cepat. Mesin tak memerlukan waktu istirahat yang lama serta memiliki kapasitas beban kerja yang lebih besar. Anda akan bisa menghemat banyak waktu dibandingkan dengan mempekerjakan orang meski dalam jumlah yang lebih banyak.

  • Menghemat biaya.

Meski harga mesin mahal dibandingkan dengan upah pekerja, namun mesin setelah Anda beli bisa digunakan sewaktu-waktu dan hingga kapanpun. Jika Anda kreatif, Anda juga bisa menyewakan mesin pertanian yang dimiliki sehingga memiliki tambahan penghasilan untuk menutup biaya pembeliannya. Sebuah mesin pertanian juga bisa dikategorikan sebagai modal apalagi jika Anda memiliki skala pertanian cukup luas atau sebagai industri.

  • Menyempurnakan hasil pekerjaan.

Hasil pekerjaan manusia pekerja dengan mesin pun akan berbeda. Mesin bisa melakukan sesuai dengan instruksi yang diberikan dengan hasil yang seragam. Pada manusia terkadang terjadi kelalaian yang bisa mengakibatkan hasil kurang sempurna. Dengan menggunakan mesin, Anda juga bisa membatasi pekerjaan sesuai dengan kebutuhan per hari atau kapasitas yang ingin dipenuhi.

Berbagai kelebihan dari mesin padi di atas bisa Anda dapatkan dengan membeli atau menyewa mesin di berbagai toko mesin pertanian. Meski begitu ada juga kekurangannya yaitu Anda harus merawatnya dengan baik agar mesin bisa terus digunakan dalam waktu yang cukup lama. Mobilitas mesin besar seringkali juga memberikan masalah lain yaitu mengenai cara membawanya ke sawah atau ke ladang. Penggunaan bahan bakar, meski sedikit juga bisa diperhitungkan sebagai tambahan biaya panen di satu waktu tersebut.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *