Mengulas Tentang Fungsi Mesin Gerinda Berdasarkan dari Jenisnya

Melakukan gerinda pada sebuah media baik itu besi maupun baja memang hanya bisa dilakukan dengan mesin gerinda, alat yang satu ini cukup banyak dan mudah untuk ditemukan di pasaran. Sangat tepat digunakan untuk pemilik jasa pembuatan sebuah furniture ataupun dipakai untuk mereka dengan usaha jasa-jasa tertentu. Dalam beberapa hal pemanfaatan mesin yang satu ini tak hanya untuk sebuah bisnis atau kebutuhan industri saja, melainkan juga digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Apalagi bagi yang memiliki hobby dalam pembuatan sebuah perkakas sendiri.

Mesin yang satu ini dijual dengan tawaran harga yang bervariatif, menyesuaikan dengan model dan juga fitur yang disematkan pada alat tersebut. Pemilihan sebaiknya dilakukan berdasarkan berbagai macam pertimbangan penting, salah satunya adalah dengan melihat dari segi merk, memang jika dilihat sendiri ada banyak sekali pabrikan yang menjual alat tersebut. Tentunya harga yang ditawarkan juga beragam. Biasanya untuk merk-merk terkenal harganya memang sedikit lebih mahal, namun sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Mesin gerinda ini juga terbagi atas seberapa jenis yang harus diketahui oleh konsumen sehingga tidak bingung dalam menjatuhkan pilihan, karena berbeda jenis yang dibeli, maka nilai fungsi atau kemampuannya juga akan sangat berbeda. Untuk itulah tak boleh salah dalam menjatuhkan pilihan. Diantaranya adalah:

  1. Gerinda tangan, model yang satu ini paling standard, karena pemakaiannya bisa dilakukan secara mudah dengan mengandalkan satu tangan saja. Mesin ini ditujukan untuk kebutuhan memotong dan juga merapikan hasil potongan sehingga menjadi lebih halus, pemakaiannya tak memakan banyak daya.
  2. Gerinda permukaan, ditujukan untuk kebutuhan membuat permukaan jadi lebih rapi atau tajam, fungsi asahan ini dilakukan dengan cara bolak-balik yaitu secara horizontal pada bagian permukaan dari benda kerja tersebut. Maju mundur dan juga beberapa gerakan yang lainnya seperti berputar, feeding hingga memanjang melintar.
  3. Gerinda duduk, ukurannya memang sama-sama kecil dengan jenis yang lainnya, namun ditawarkan dengan model atau bentuk duduk, umumnya memiliki fungsi yaitu mengasah, baik itu mata bor atau pisau sehingga jadi semakin tajam atau lancip, khusus jenis yang satu ini maka penggunaannya jauh lebih mudah dengan cara duduk santai, sambil menggerakkan perkakas yang ingin di asah.
  4. Gerinda lurus, gerinda ini bentuknya seperti sebuah alat pahat, kecil dan juga memiliki ujung yang terbuat dari baja runcing, dengan tujuan adalah untuk mengukir pada permukaan media yaitu besi ataupun baja, biasanya ditujukan membuat ukuran nama ataupun juga nomor. Sehingga tak salah dalam pengerjaannya.

Banyak sekali bukan fungsi dari mesin gerinda ini jika melihat dari jenis-jenisnya. Untuk urusan pembuatan perkakas atau untuk mengasahnya memang paling banyak yang mengandalkan alat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *