Mengulas Seputar Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Manual

Mengulas Seputar Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Manual

Mesin jahit manual atau mesin jahit konvensional adalah jenis mesin yang pertama kalinya di pakai oleh para penjahit. Mesin jahit yang paling primitif ini pada awalnya didesain dengan menyerupai peluru yang berbentuk gelendong serta hanya dapat digunakan untuk menjahit jahitan rantai dan dengan jarak yang sangat rapi dan kecil meskipun hal ini mudah terurai. Seiring dengan berjalannya waktu maka mesin jahit konvensional ini mengalami banyak perkembangan, hal ini dapat dilihat dari mesin jahit konvensional yang dapat digunakan untuk menjahit dengan pola zigzag.

Meskipun dipasaran sudah ada banyak model mesin jahit keluaran terbaru dengan design dan model yang lebih modern, namun tidak jarang bila banyak para masyarakat yang masih menyukai dan menggunakan mesin jahit konvensional ini yang dianggap sebagai mesin jahit lebih awet dan bertahan lam karena bahan materialnya yang terbuat dari besi sehingga apabila terkena benturan atau goresan tidak akan mudah mengalami kerusakan.

Jika Anda pecinta mesin jahit manual dan ingin membelinya, maka ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Yaitu sebagai berikut ini:

Kelebihannya:

  • Mesin jahit konvensional masih menggunakan kayuhan atau pedal yang dapat digunakan meskipun aliran listrik mengalami gangguan atau padam.
  • Mesin jahit konvensional juga sudah dilengkapi dengan dinamo yang akan membutuhkan listrik.
  • Untuk industri yang besar atau konveksi sangat cocok menggunakan jenis mesin manual ini dikarenakan mesin jahit konvensional ini dapat digunakan untuk menjahit dengan berbagai macam kain.
  • Karena mesin jahit jenis ini terbuat dari bahan besi, maka akan lebih awet meskipun terkena benturan atau goresan apa pun.

Kekurangannya:

  • Mesin jahit jenis ini hanya mempunyai 1 macam pola jahitan atau satu macam fungsi.
  • Memiliki design dan model yang memberi kesan kuno.
  • Memiliki bobot yang berat, sehingga akan lebih menyulitkan diri Anda pada saat ingin memindahkan.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada di atas maka Anda dapat untuk menjadikan hal ini sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembeliannya, karena memperhatikan pada kelebihan dan kekurangannya sebelum membelinya adalah hal utama yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya, dengan begitu maka jangan abaikan beberapa ulasan yang ada di atas.

Baca juga 4 Tips Memilih Mesin Jahit Bekas Berkualitas dengan Harga Murah

Mesin jahit memang memiliki banyak model, jenis dan merk yang sangat beragam, meskipun pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, namun bukan berarti Anda memilih jenis mesin jahit secara sembarangan, karena Anda juga harus memperhatikan pada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh mesin jahit manual yang ada di pasaran sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, agar Anda tidak merasa kecewa nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *