Mengulas Beberapa Alat Pembuat Kopi yang Bisa Anda Gunakan di Rumah

alat pembuat kopi rumahan

Kopi merupakan minuman khas di Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Bahkan saat ini sudah banyak kedai kopi yang dibuka di berbagai tempat untuk memberikan kepuasan pada penggemarnya. Ada banyak jenis kopi yang bisa didapatkan di Indonesia yang kini juga bisa dengan mudah Anda pesan di berbagai kedai kopi maupun restoran. Namun harga kopi yang sebenarnya murah akan menjadi mahal jika Anda menikmatinya di cafe atau restoran. Padahal jika Anda penggemar kopi, pastinya akan ingin sekali mengkonsumsinya dengan sering. Hal tersebut kini bisa diatasi dengan cara memiliki alat pembuat kopi sendiri yang bisa Anda gunakan di rumah.

Karena kopi sudah dinikmati sejak ratusan tahun yang lalu, ada banyak jenis pembuat kopi dari yang sangat tradisional dan kuno hingga yang lebih modern dan elektrik. Bagi Anda yang ingin memiliki alat pembuat minuman hangat ini sendiri, Anda bisa memilih salah satu dari beberapa alat dibawah ini untuk pemakaian sehari-hari di rumah:

  1. V60.

    alat pembuat kopi v60

    Banyak yang mengenalnya sebagai salah satu menu favorit di cafe. Namun ternyata nama ini berasal dari sebuah alat penyeduh kopi. V60 berasal dari keramik yang memiliki bentuk seperti cangkir berbentuk spiral. V60 memiliki lubang untuk mengatur waktu ekstraksi hingga ukuran granul kopi sehingga hasil dari ekstraksi menggunakan alat ini akan menjadi secangkir kopi yang ringan dan nikmat.

  2. Vietnam drip.

    alat pembuat kopi vietnam drip

    Seperti namanya, alat ini berasal dari negara Vietnam. Sebenarnya Vietnam drip lebih sering digunakan untuk membuat es kopi Vietnam meski banyak juga dipakai untuk membuat kopi hangat. Bentuknya seperti gelas dengan wadah di bagian bawahnya. Di bagian tengah terdapat saringan serta filter untuk menyaring kopi sehingga menghasilkan tetesan. Jika wadah bawah telah penuh, Anda bisa langsung menuangkannya ke dalam gelas yang sudah berisi es batu.

  3. Cafe press.

    alat pembuat kopi cafe press

    Alat pembuat kopi yang satu ini merupakan yang paling populer saat ini. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah bahkan sebagai hadiah beberapa merk kopi seduh jika Anda membelinya dalam jumlah besar. Memiliki bentuk seperti gelas panjang dengan bagian dalam yang terdapat alat untuk menekan bubuk kopi yang telah diseduh sebagai filternya. Bubuk kopi akan tertekan ke bawah sehingga air akan lebih jernih meski sudah menghitam. Tuang ke dalam cangkir jika Anda sudah selesai menekan bubuk kopi yang tertahan di dalam alat.

  4. Rok presso.

    alat pembuat kopi rok presso

    Bagi Anda yang menyukai kopi espresso, kini Anda bisa membuatnya sendiri di dalam rumah. Memiliki bentuk seperti dua tangan yang menekan bubuk kopi sehingga tersaring ke bagian bawah yang sudah diberikan wadah. Terdapat bagian untuk pembuih susu sehingga kopi lebih blend dengan cream atau susu favorit.

Berbagai alat pembuat kopi di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai toko online terpercaya. Harganyapun terjangkau dibandingkan jika Anda harus selalu mengkonsumsi kopi enak dari cafe atau restoran. Namun selain dari faktor alat, Anda juga perlu membeli kopi yang nikmat, mengetahui waktu dan cara yang tepat untuk membuat kopi sebenarnya. Sebagian besar mesin ini tak memerlukan tenaga listrik sehingga Anda tak perlu khawatir meski akan menggunakannya lebih sering. Namun jangan lupa untuk mencuci alat setelah digunakan agar selalu bersih dan tak ada jamur yang tumbuh karena mendapat kopi ataupun gula dan susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *