Mengetahui Lebih Jauh Jenis Jenis Kipas Angin

kipas angin

Kipas angin adalah alat atau benda yang digunakan untuk menghasilkan angin. Fungsi umum kipas angin adalah untuk mendinginkan udara, menyegarkan udara, pengering.Kipas angin secara umum dibedakan menjadi dua yaitu kipas yang cara kerjanya menggunakan tangan dan kipas listrik yang digerakkan oleh listrik. Pada kesempatan ini kita akan membahas seputar kipas angin listirk.

Kehadiran Ac tampaknya sudah mulai menggeser kipas angin. Namun walaupun demikian kipas angin tetap dibutuhkan dan menjadi perangkat alternatif yang lebih hemat listrik dibandingkan dengan AC.

Ada banyak jenis kipas angin. Berikut penjelasan jenis-jenis kipas angin berdasarkan cara menyimpannya:

Kipas Angin Duduk

Jenis kipas angin ini lebih banyak ditemukan dipasaran. Kipas ini lebih praktis ditempatkan dimana saja dan mudah dipindah-pindahkan. Kipasnya terbungkus bahan plastic dan kawat kerangkeng.

Model kipas duduk yang dibungkus box biasanya dilengkapi kisi kecil yang bisa berputar hingga 360 derajat atau berpaling dari kiri ke kanan. Diamenter daun kipas angin duduk biasanya berjarak sekitar 14 – 20 inch. Kekurangan kipas model duduk hembusan anginnya tidak menjangkau keseluruh ruangan.

Baca juga : INI DIA MANFAAT KIPAS ANGIN UNTUK ANAK KOS

Kipas Angin Berdiri

Model kipas model berdiri bentuknya hampir sama dengan kipas angin duduk, bedanya pada kipas angin berdiri dilengkapi tangkai yang panjangnya kurang dari 1 meter. Anda bisa mengatur tinggi rendahnya. Kopas model berdiri mudah dipindahkan dan diletakkan dimana saja. Anginnya bisa menjangkau tempat yang tinggi.

Kipas Angin Dinding

Kipas model dinding adalah kipas yang melekat atau menyatu dengan dinding. Kipas berbentuk segi empat ini dikenal juga dengan nama exhaust fan. Kelebihan kipas ini bisa menghembuskan angin ke arah luar rumah dan keluar rumah.

Kipas Angin Langit Langit

Kipas yang digantung di dinding secara permanen ini tidak dilengkapi box. Daun kipasnya berputar tanpa pelindung. Karena disimpan di atas langit-langit maka hembusan anginnya menjangkau seluruh bagian bawah.

Kipas Angin Multifungsi

Kipas multifungsi adalah model kipas yang menggabungkan tiga jenis kipas, yaitu kipas angin duduk, tempel dan berdiri. Harga jenis kipas multipungsi lebih mahal dibandingkan jenis kipas yang lain.

Manfaat Kipas Angin

Kipas bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari terutama di daerah perkotaan yang udaranya panas atau di lingkungan yang padat penduduk. Seperti:

  • meningkatkan sirkulasi udara dengan mengganti udara yang kotor menjadi bersih dan segar,
  • menghasilkan udara yang sehat,
  • lebih hemat listrik,
  • membantu menghilangkan bau pengap dan lembab pada ruangan,

Agar kipas angin awet, bersihkan kawat pengaman dan baling-baling kipas minimal 2 minggu sekali agar terbebas dari debu maupun kotoran yang menempel. dan gunakan kipas seperlunya. Agar lapisan chrome poros tidak cepat aus lakukan pelumasan secara berkala dan periksa kondisi kapasitor kipas, jangan sampai kondisi kapasitor menjadi lemah dan lambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *