Mengenal Tipe Mesin Potong Rumput untuk Berbagai Kebutuhan

Mengenal Tipe Mesin Potong Rumput untuk Berbagai Kebutuhan

Siapa yang tidak suka memiliki lingkungan rumah yang sejuk dan asri dipandang. Tentunya keberadaan taman bunga dan rumput yang menyejukkan mata, pasti Anda buat di halaman. Namun Anda juga harus merapikan tanaman-tanaman tersebut agar selalu terlihat indah. Rumput pun harus selalu dipangkas secara rutin supaya tak terlalu tinggi atau terlihat berantakan. Apabila Anda memang meluangkan waktu untuk merawat taman sendiri, maka ada baiknya Anda mengenal mesin potong rumput yang banyak ditawarkan di pasaran.

Mengenal Tipe Mesin Potong Rumput untuk Berbagai Kebutuhan

Membedakan Mesin Potong Rumput

Jika ingin membeli mesin potong rumput, maka Anda akan mendapati berbagai pilihan mesin dengan harga dan model yang berbeda. Lantas mana yang paling pas dengan kebutuhan Anda? Jenis mesin pemotong rumput yang pas untuk penggunaan rumahan saat ini terdiri dari 3 model. Masing-masing model tersebut mempunyai keunggulan serta fungsi spesifik. Anda pun bisa meyesuaikan pilihan mesin tersebut dengan kondisi taman di rumah Anda.

  • Mesin Manual (Dorong)

Mesin jenis manual ini paling banyak ditemukan di pasaran. Alat yang menggunakan pisau sebagai pemotongnya ini memiliki cara kerja yang sederhana. Memanfaatkan tenaga manusia yaitu dengan cara didorong, mesin ini memiliki kelebihan yaitu hemat dan tidak berisik. Anda tidak perlu membeli bahan bakar ataupun listrik untuk mengoperasikan alat ini. Anda setidaknya harus mau membakar kalori untuk mendorong alat ini berkeliling taman. Dengan bentuk pemotong yang melebar, mesin dorong ini tidak dapat dipakai membentuk edging.  

  • Mesin Bensin (Gendong)

Setingkat di atasnya, ada mesin tipe gendong yang menggunakan senar ataupun pisau sebagai pemotong. Mesin ini memiliki kelebihan berupa kekuatan dan ketahanan daya karena menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Mesin ini juga bisa dipakai untuk durasi yang sangat lama dengan penggunaannya yang lebih fleksibel. Namun karena harus menyimpan bensin dan motor yang kuat, mesin ini terbilang cukup berat dan bisa sangat  melelahkan jika taman Anda sangat luas. Harga mesin ini juga lebih mahal.

  • Mesin Listrik

Mesin potong rumput yang menggunakan senar ini juga banyak dijumpai di pasaran. Dengan harga yang bervariasi, tenaga yang dimiliki mesin listrik ini juga cukup baik. Mesin model ini memang lebih cocok untuk digunakan di rumahan yang pada umumnya memiliki taman yang tak terlalu luas dan rumput yang tak tidak liar. Lantaran menggunakan senar, perawatan ketika pemotong sudah tidak maksimal bisa dilakukan dengan mengganti senar. Tentu saja hal ini lebih memudahkan dibanding mesin yang menggunakan pisau yang harus diasah ketika mulai menumpul. Kekurangannya adalah harus selalu tersambung ke sumber daya listrik membuatnya tidak sanggup menjangkau ara taman yang jauh atau sangat luas.

Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org 

Dengan mengetahui tipe mesin potong rumput di atas, tentunya Anda sudah bisa menentukan manakah yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Memilih mesin pemotong yang salah bisa saja membuat aktifitas atau bahkan hobi berkebun Anda menjadi tidak menyenangkan. Maka dari itu, pilihlah mesin pemotong rumput ini dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *