Mengenal Teknik Kerja Chain Saw Atau Gergaji Mesin

Chain saw merupakan alat untuk memotong batang pohon ataupun jenis kayu lainnya, dimana sistem pengoperasiannya lebih mengandalkan mesin sebagai penggerak rantai gergaji didalamnya. Jika dahulu peralatan ini hanya dapat kita temukan dalam bentuk besar, dimana untuk mengoperasikannya dibutuhkan tenaga lebih dari satu orang, namun seiring dengan perkembangan waktu peralatan potong dan belah kayu ini pun telah didesain sedemikian rupa, sehingga dapat dioperasikan oleh tenaga 1 orang saja. Dengan bentuk yang tidak lagi besar dan dapat diangkat dan digunakan oleh satu orang saja, kini proses pemotongan dan pembelahan batang kayu pun dapat dengan mudah Anda lakukan.

Secara umum gergaji mesin yang identik dengan proses pemotongan batang pohon ini, memiliki beberapa komponen kerja utama, dimana satu komponen dengan komponen lainnya, akan memiliki keterikatan kerja, sehingga dapat menggerakkan mata gergaji yang terpasang didalamnya. setelah mengalami berbagai perubahan gergaji mesin ini, bahkan juga dilengkapi dengan berbagai komponen keamanan dan perawatan otomatis, sehingga akan lebih memudahkan para penggunanya dalam menggunakan gergaji yang satu ini, tanpa harus menghadirkan bantuan dari teman lainnya.

Untuk dapat menggunakan gergaji mesin ini dengan baik, dibutuhkan beberapa tahapan, agar nantinya gergaji dapat digunakan dengan aman dan maksimal. Berikut ini tahapan dalam menggunakan chain saw, sebagai alat gergaji otomatis Anda, yang antara lain adalah: 

  • Memasang keping rantai serta rantai dari gergaji tersebut. Untuk dapat melakukan pemasangan ini para pengguna gergaji harus membuka terlebih dahulu tutup pelindung rantai dan memasangkan keping rantai yang diikuti dengan pemasangan rantai pada alur keping rantai tersebut.
  • Melakukan pengisian bahan bakar mesin gergaji dengan bahan bakar campuran antara pelumas dengan bensin.
  • Isilah pelumas rantai dengan menggunakan minyak pelumas khusus yang memang diperuntukkan untuk memperlancar kerja rantai pada sebuah mesin.
  • Menghidupkan mesin gergaji sebelum menggunakannya, dan memastikan semua komponen keamanan didalam gergaji tersebut dapat berfungsi dengan baik, sehingga gergaji dapat berfungsi dengan optimal.

Meskipun terlihat sangat mudah untuk dilakukan, namun penggunaan gergaji mesin ini lebih dianjurkan untuk digunakan oleh para tenaga profesional, yang memang menguasai penggunaan gergaji mesin yang satu ini. Apabila Anda tergolong sebagai seorang amatir, maka pastikan bahwa Anda mengetahui semua fungsi dari panel yang ada didalam mesin gergaji, dan minimal mintalah pendampingan dari orang yang memang benar-benar ahli dalam menggunakan mesin gergaji tersebut.

Chain saw yang Anda gunakan, memang akan lebih mempermudah Anda dalam melakukan berbagai pekerjaan pemotongan kayu, namun pastikan bahwa Anda telah menggunakan berbagai perlengkapan keamanan, agar nantinya tubuh Anda tetap terlindungi, meskipun sedang melakukan pekerjaan pemotongan dengan resiko yang cukup tinggi. Dengan perlengkapan keamanan yang lengkap maka Anda akan dapat melakukan pemotongan dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *