Mengenal Ragam Mesin Bor yang Digunakan dalam Rumah Tangga Maupun Dunia Industri

Dalam beberapa kebutuhan rumah tangga atau industri yang bergerak di bidang rancangan sebuah bangunan mesin bor memiliki fungsi yang sangat penting di dalam pembuatan sebuah lubang, melubangi kayu, kaca maupun untuk melubangi sebuah tembok hingga tanah. Jenis alat yang satu ini tergolong sebagai mesin dalam bidang pembangunan. Bahkan tak jarang juga diantaranya rumah tangga yang memiliki satu jenisnya untuk menunjang kebutuhan perbaikan sendiri di rumah atau tengah menjalankan industri yang berhubungan dengan pembuatan furniture.

Alat tersebut bisa dengan mudah didapatkan di pasaran, tentunya guna menunjang kebutuhan bisnis maupun untuk kebutuhan perbaikan di rumah tangga. Adapun jenis-jenis yang harus Anda ketahui sehingga tak salah dalam memilih, diantaranya adalah:

Baca juga: Hal-hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Mesin Penyedot Debu

  1. Bor tangan, mesin pelubang yang satu ini paling sering dijumpai di pasaran, juga banyak dipakai untuk kebutuhan rumah tangga, ukurannya kecil dan bisa digunakan hanya mengandalkan satu tangan saja, mudah dalam penggunaannya. Umumnya dipakai dalam melubangi kayu, kaca atau material besi. Dari setiap merk yang ada di pasaran umumnya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, khususnya dari segi kecepatan. Semakin cepat bor tersebut berputar nantinya akan menghasilkan lubang kian cepat. Pilah-pilih juga mata bor terbaik untuk menunjang kebutuhan Anda.
  2. Bor cordless, mesin bor yang satu ini agak berbeda dibandingkan dengan jenis yang lainnya, karena sumber tenaga yang digunakan berasal dari baterai, bukan aliran listrik secara langsung. Hal ini memudahkan konsumen untuk membawanya kemana-mana sesuai dengan kebutuhan. Ukurannya cukup kecil dibandingkan dengan bor tangan, umumnya digunakan dalam melubangi besi, gypsum maupun kayu. Khusus kapasitas baterainya berbeda-beda.
  3. Bor cor, ia adalah jenis bor proyek, karena jarang dipakai untuk menunjang kebutuhan pribadi atau dalam rumah tangga, melainkan hanya digunakan untuk sebuah proyek besar, seperti diantaranya adalah pembuatan jalan aspal, atau mengebor tanah. Maka dibutuhkan alat yang satu ini, ukurannya sangat besar sehingga tak bisa dioperasikan atau dijalankan sendiri.
  4. Bor duduk, seperti namanya mesin pelubang tersebut memang digunakan dengan cara mendudukinya. Umumnya banyak dipakai untuk proyek besar, seperti diantaranya adalah melubangi besi dalam sebuah industri. Jenis yang satu ini tidak mudah lelah, karena bagian mata bor sendiri menghadap ke bagian bawah.
  5. Bor gantung, jenis gantung dipakai dengan cara menggantungnya, fungsinya bukan untuk membuat sebuah lubang, melainkan mengikis permukaan atau memperlebar lubang yang sudah ada.
  6. Bor impact, baik itu dari segi ukuran maupun fungsinya tak jauh berbeda dibandingkan dengan bor tangan yang umumnya digunakan oleh rumah tangga untuk membuat luang pada besi maupun kayu.

Itulah setidaknya ragam mesin bor yang harus Anda ketahui, pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *