Mengenal Pemanas Air Listrik

Mengenal Pemanas Air Listrik—di sebagina daerah di Indonesia mungkin bertanya-tanya apa sih pemanas air itu? Buat apa juga fungsinya? Ya, pemanas air ini adalah sebuah alat elektronik yang mempunyai fungsi menghangatkan air. Dari yang tadinya dingin, maka dengan menggunakna alat satu ini, air akan menjadi hangat. Jadi buat yang ingin mandi dengan air hangat, tidak perlu repot-repot lagi merebus air dalam panci. Dimana selain repot, waktu memasaknya juga memerlukan durasi yang lama.

Pemanas air listrik ini mempunyai dua jenis atau model. Yang pertama adalah model pemanas air listrik yang menggunakan tangki dan pemanas air listrik tanpa tangki atau biasa disebut tankless. Beberapa tahun ke belakang kita hanya menemukan pemanas air listrik yang menggunakan tangki. Salah satu cirinya adalah adanya tabung yang besar berbentuk vertikal atau horisontal yang dilatakkan tidak jauh bersamaan dengan alat ini terpasang. Biasanya terletak di luar kamar mandi, namun ada juga yang banyak meletakknya di dalam kamar mandi. Biasanya diletakkan di bagian atas dekat langit-langit.

Cara kerja alat pemanas ini bisa dibilang cukuplah sederhana. Sesungguhnya tangki air itu adalah media penampungan sementara dari air yang telah dipanaskan. Bagi yang menggunakan pemanas air jenis ini, maka anda akan langsung cepat menikmati hangatnya air panas dari sejak detik pertama. Semakin lama air panas tidak digunakan, maka air di dalam penampungan itu akan mendingi yang kemudian akan secara otomatis membangkitkan sensor untuk memanaskan airnya kembali hingga akan berhenti di suhu yang telah ditetapkan. Dan terus begitu akan berulang.  Sehigga menjadikan pemanas air listrik ini lebih boros listrik. Karena pengulangan yang terus dilakukan akan tetap menyedot listrik. Jika di rumah anda alat ini jarang digunakan, tentu anda akan rugi. Mau sedikit atau banya digunakannya, perbedaan beban listriknya tidak banyak. Bedanya hanya sedikit. Jadi lebih baik gunakan saja sesering mungkin.

Memang cocoknya digunakan di penginapan-penginapan atau hotel yang cukup ramai pengunjungnya. Harga pemanas air ini juga terbilang relatif mahal. Sekitar 2-7 juta-an. Tergantung juga dari konstruksi besarnya tabung. Dan repotnya juga harus ada pembungkus berbahan khusus guna menjaga air panasnya tidak cepat hilang. Jadi sebenarnya memang agak merepotkan. Namun kelebihannya anda akan mendaatkan kualitas pemanasan air secara maksimal.

Yang belakangan ini kian popluer adalah pemanas air listrik tanpa tangki. Pemanas air listrik jenis ini memang simple dan tidak memerlukan tabung. Namun hal ini berdampak pada tingkat linjakan watt listrik yang tinggi, ketika diopersionalkan pertama kali, pemanas air ini akan menyedot listrik hingga 2.000  watt. Ini dikarenakan tidak adanya tangki maka alat ini butuh listrik yang besar guna sesegera mungkin memanskan air. Harganya cukup terjangkau sekitar 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *