Mengenal Model dan Fitur Mesin AC

hargamesin.org-mesin ac

Di hari yang panas di musim kemarau, tidak ada tongkat sihir, eh, remote control, yang dapat menyihir udara panas menjadi sejuk, kecuali Anda memiliki mesin AC. Anda pasti sudah tidak asing dengan mesin pendingin ruangan ini. Tapi, apakah Anda tahu model-model dan fitur-fiturnya? Yuk, kita kenali satu per satu!

  • Model mesin AC

Split-system

Mesin AC model ini terdiri dari satu unit kompresor yang dipasang di luar, dan satu atau lebih unit indoor. Sistem pendingin ini biasanya digunakan untuk mendinginkan satu ruangan atau lebih, atau area terbuka, dengan cakupan hingga 60 meter persegi.

Teknologi inverter

Inverter dapat mengatur kecepatan kompresor dan mempertahankan suhu. Mesin AC dengan teknologi ini umumnya lebih efisien dan dapat menghemat biaya.

Reverse-cycle

Model reverse-cycle harganya tidak lebih mahal dari model cooling-only dan dapat digunakan sebagai penghangat ruangan saat cuaca dingin. Walaupun harga dan biaya pemasangannya tergolong tinggi, mesin AC reverse-cycle sebenarnya merupakan salah satu model yang paling murah dan paling efektif untuk menghangatkan ruangan besar.

Wall/window

Mesin AC ini biasanya dipasang di jendela atau dinding eksternal, dan dapat mendinginkan ruangan dan area terbuka hingga 50 meter persegi. Unit yang lebih kecil dapat disambungkan ke stop-kontak listrik biasa, namun unit yang lebih besar mungkin memerlukan instalasi listrik tersendiri. Model ini kini semakin jarang di pasaran, karena model split-system lebih efisien dan semakin terjangkau harganya.

Fitur operasi mesin AC

  • Auto: Secara otomatis memilih modus yang diperlukan untuk menjaga ruangan pada suhu yang ditentukan.
  • Cool: Memompa panas dari dalam ke luar.
  • Heat: Memompa panas dari luar ke dalam.
  • Dry: Menghilangkan embun, dan menyediakan sedikit pendinginan.
  • Fan only: Hanya menghembuskan udara tanpa menghangatkan, mendinginkan atau mengeringkan, yang sangat cocok ketika yang Anda inginkan hanyalah angin sepoi-sepoi.

Sensor keberadaan manusia

Sensor ini mendeteksi apakah ada seseorang di dalam ruangan atau tidak, sehingga mesin AC tahu kapan harus aktif dan kapan non-aktif. Beberapa model bahkan mengarahkan hembusan udara ke arah orang yang terdeteksi, sehingga tidak menghabiskan banyak energi untuk mendinginkan bagian lainnya.

Modus tidur

Fitur ini menyesuaikan suhu secara bertahap sampai tingkat suhu yang nyaman untuk tidur sehingga mesin AC tidak akan bekerja terlalu keras (dan lebih tenang) ketika Anda sedang tidur.

Kisi-kisi

Kisi-kisi ini dapat diarahkan ke atas untuk mendinginkan ruangan dan ke bawah untuk menghangatkan ruangan melalui remote control. Kisi-kisi ini juga dapat diarahkan ke kiri dan ke kanan untuk mengarahkan udara langsung ke daerah yang sangat membutuhkan pendinginan/pemanasan.

Restart delay

Fitur pelindung yang mencegah mesin AC aktif kembali terlalu cepat setelah dinon-aktifkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *