Mengenal Mesin Potong Kayu dan Mesin Kerja Kayu lainnya

Pada sebuah bengkel kerja yang memiliki benda kerja utama berupa kayu, tentunya alat khusus untuk memudahkan dalam membentuk dan memotong kayu sangatlah dibutuhkan. Selain untuk mempercepat sistem kerja, alat tersebut juga akan dapat meningkatkan nilai produktivitas pada bengkel tersebut, sehingga alur produksi pun dapat berjalan dengan lancar. Mesin kerja utama dalam setiap bengkel kerja kayu, biasanya akan lebih didasarkan pada mesin potong kayu otomatis, dimana selain dapat memotong mesin ini juga dapat melakukan fungsi lainnya sesuai dengan jenis kebutuhan pengerjaan yang dilakukan.

Selain dapat mempercepat sistem kerja, mesin ini pun dapat menekan jumlah tenaga kerja yang Anda butuhkan dalam proses produksi kayu, sehingga biaya produksi dari benda kerja tersebut pun akan lebih dapat Anda tekan. Dengan penekanan biaya produksi inilah, nantinya Anda dapat menawarkan berbagai produk olahan dari kayu dengan harga yang lebih murah, sehingga akan lebih menguntungkan dan meningkatkan jumlah penjualan dalam usaha Anda. Harga murah dari produk olahan kayu Anda inilah, yang akan lebih meningkatkan minat beli dari konsumen menjadi lebih meningkat pula.

Berikut ini beberapa jenis mesin potong kayu otomatis dan mesin lainnya, yang mungkin dapat Anda jadikan alternatif pilihan dalam bengkel kerja kayu yang Anda miliki, diantaranya adalah:

  • Mesin gergaji dengan fungsi membelah dan memotong, mesin ini terdiri dari 2 jenis gergaji dimana mesin untuk membelah akan memiliki mata pisau berbentuk lingkaran dengan sistem kerja berputar pada porosnya. Sedangkan gergaji untuk membelah kayu biasanya akan memiliki bentuk mata gergaji pita yang elastis dan dapat digunakan untuk membentuk sudut sesuai dengan kebutuhan pemotongan. Gergaji ini biasanya banyak digunakan untuk memotong log kayu.
  • Mesin Ketam ataupun serut kayu

Mesin ini memiliki fungsi untuk menyerut permukaan kayu, sehingga didapatkan tekstur yang lebih rata dan halus pada permukaan kayu, yang akan dibuat menjadi berbagai bentuk. Selain itu alat ini juga berfungsi untuk menghilangkan serat kasar pada permukaan kayu, agar nantinya terlihat lebih rapi dan tidak melukai tangan para penggunanya. Alat yang memiliki bentuk seperti ketam manual ini, memiliki 4 mata kikir yang dapat digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Alat ini dapat digunakan untuk memperhalus permukaan kayu pada ke empat sisinya dengan mudah dan cepat.

  • Mesin bor listrik

Mesin bor ini memang tidak hanya digunakan untuk membuat lubang pada kayu saja, namun juga dapat digunakan untuk membuat lubang pada bidang kerja lainnya seperti logam ataupun besi. Penggunaan mesin ini lebih bergantung pada jenis mata bor yang digunakan didalamnya. Mesin ini biasanya akan Anda butuhkan untuk mendampingi mesin potong kayu dalam melakukan pengerjaan pelubangan pada bagian sekrup ataupun kunci.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *