Mengenal Macam-macam Mesin Jahit

mesin jahit - harga mesinBagi seorang penjahit atau pembuat pakaian, mesin jahit adalah kebutuhan utama yang tidak bisa ditawar lagi. Dengan semakin beragamnya pakaian serta modelnya, tentu jenis mesin jahit yang digunakan pun makin beragam. Karena itu, perlu untuk mengenal macam-macam mesin jahit sesuai dengan kegunaannya.

Toko peralatan jahit menawarkan beragam jenis mesin jahit, dari klasik hingga modern dengan harga bervariasi dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Berikut ini beberapa jenis dan model mesin jahit yang perlu diketahui.

 

1. Mesin Jahit Klasik

Mesin jahit ini masih terbilang yang paling sederhana. Penggunanya pun sangat luas, dari penjahit profesional hingga masyarakat umum. Jenis ini juga yang paling banyak dijumpai di rumah-rumah.

2. Mesin Jahit Kecepatan Tinggi

Istilah kecepatan tinggi merujuk pada proses menjahit yang lebih cepat dibanding dengan mesin jahit klasik. Mesin jahit ini banyak digunakan di konveksi serta garment. Selain itu, mesin ini sangat cocok digunakan untuk menjahit bahan kapas, jeans serta serat kimia. Karena dilengkapi motor listrik berkecepatan tinggi, pekerjaan yang dilakukan dengan mesin jahit ini relatif lebih cepat serta hasilnya bagus dan stabil.

3. Mesin Jahit Otomatis

Mesin jahit jenis ini bisa dibilang lebih canggih karena sudah dilengkapi sistem komputerisasi dan layar monitor. Pemanfaatannya pun sudah semakin sedikit melibatkan tangan manusia secara langsung, karena semua sudah dilakukan oleh mesin. Fitur-fitur canggih seperti memotong benang sendiri, mengunci jahitan di awal dan akhir, mengatur langkah jahitan dan lain-lain menjadi bagian penting mesin ini. Karena nyaris semua sudah dilakukan mesin, maka pekerjaan yang dilakukan pun menjadi lebih cepat.

4. Mesin Jahit Obras

Jika mesin jahit pada umumnya berfungsi menyatukan lembaran kain, maka mesin jahit ini berfungsi untuk merapikan sisi kain dengan cara membuat jalinan benang. Mesin ini penting untuk membuat pakaian jadi lebih rapi dan meminimalkan terjadinya kerusakan paska jahitan selesai.

5.

Mesin Lubang Kancing

Hampis sama seperti mesin jahit obras, mesin jahit ini juga merupakan mesin jahit pelengkap. Fungsinya untuk membuat jahitan dalam lubang kancing sekaligus memasang kancing.

6. Mesin Jahit Jarum Dua Rantai

Mesin jahit ini digunakan lebih untuk tujuan keindahan. Karena jahitan yang dihasilkan dapat berupa baris jahitan rantai yang biasa digunakan untuk hiasan pada pakaian dalam, pakaian berbahan kaos, bedcover serta kulit.

7. Mesin Jahit Overdeck

Model mesin ini digunakan untuk menjahit tingkat lanjut. Jika mesin jahit biasa sedikit kesulitan untuk menjahit bahan kaos, maka digunakanlah mesin jenis ini. Selain itu, mesin ini juga dapat digunakan untuk menjahit resleting nilon dan scallop.

Demikian tadi beberapa mesin jahit yang umum dikenal sesuai kegunaannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *