Mengenal Lebih Lengkap Mengenai Jenis-jenis, Fungsi Dan Cara Menggunakan Mesin Sealer

Mesin sealer adalah mesin yang digunakan untuk mengemas kemasan yang menggunakan bahan plastik, seperti untuk makanan ringan keripik, bawang goreng dll. Dengan adanya alat ini membantu mempercepat proses pengemasan khususnya bagi home industri. Sebelum ada alat ini cara melekatkan plastik kemasan menggunakan lilin, cara ini kurang praktis dan hasilnya kurang maksimal.

Jenis-Jenis Sealer

Ada beberapa pilihan jenis mesin sealer. Dari ukurannya mesin ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu: ukuran 20cm, 30 cm dan 40cm. Jika Anda membutuhkan sealer yang lebih kecil bisa pilih sealer portable dengan ukuran yang lebih kecil. Mesin ini lebih prakis jika dibawa berpergian.

Fungsi dan Keunggulan Sealer

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, peralatan ini berfungsi untuk mempermudah dan membantu proses pengemasan makanan yang menggunakan bahan plastik. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan fungsi sealer berikut ini.

  • Mempermudah dan mempercepat proses pengemasan
  • Mengurangi resiko terjadinya kecelakaan, jika menggunakan cara lama (dengan lilin) sangat beresiko. karena plastik dilekatkan pada kedua bibir kemasan kea pi yang menyala. Dengan adanya sealer merapatkan plastik bisa cepat dan aman.
  • Merapatkan plastik dengan hasil yang lebih rapi
  • Melindungi makanan/ barang lainnya di dalamnya dari kontaminasi. Jika menggunakan cara lama dengan lilin atau diikat menggunakan karet tidak menjamin kemasan tertutup rapat. Jika ada lubang, kemungkinan bakteri atau serangga bisa masuk ke dalam kemasan.
  • Memperpanjang waktu simpan. Karena tidak mudah terkontiminasi maka makanan yang disimpan di dalam plastik akan bertahan lebih lama dan mencegah makanan cepat basi atau kadaluarsa.
  • Harga jual produk menjadi lebih mahal karena tampilannya lebih menarik dan rapih

Cara Menggunakan Sealer

Menggunakan mesin sealer caranya menggunakan tangan, sangat mudah dioperasikan. Yaitu dengan cara meletakkan plastik kemasan diantara mesin tersebut lalu ditekan sepeti menggunakan mesin press. Menggunakan alat ini terlebih dulu harus memanaskan impulse sealer menggunakan listrik.

Besarnya listrik yang dibutuhkan terantung jenis sealer yang digunakan. Semakin besar alatnya biasanya semakin besar pula watt yang di butuhkan. Namun, biasanya impulse sealer sudah dikombinasikan dengan mesin yang membutuhkan sedikit watt. Jadi setelah alat panas, Anda hanya perlu meletakkan plasting di atas sealer.

Masalah harga, alat ini dibandrol sangat terjangkau. Anda juga bisa memilh jenisnya sesuai dengan kebutuhan. Namun sebelum membeli sealer sebaiknya ketahui terlebih dulu kebutuhan dan sesuaikan dengan fungsi dan ukurannya. Jika mesin yang digunakan cocok dapat menghasilkan kemasan yang baik.

Nah, jika Anda ingin membeli atau melihat lebih detail mengenai mesin sealer caranya bisa mencarinya di situs jual beli kesayangan Anda ini, di bukalapak.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *