Mengenal Lebih dalam Mengenai Mesin Bor Tangan

Bor merupakan salah satu perkakas yang memiliki fungsi utama untuk melakukan pembuatan lubang pada sebuah bidang kerja. Perkakas ini memiliki sistem kerja berputar pada sumbunya, dimana mata bor akan menjadi pisau penentu dalam membentuk hasil pelubangan pada bidang kerja. Alat ini dapat digunakan untuk melakukan pelubangan pada berbagai media kerja, namun akan lebih dipengaruhi pada penggunaan mata bor yang diaplikasikan pada mesin tersebut. Tidak hanya dibutuhkan dalam sebuah bengkel kerja saja, namun mesin bor juga kerap kali dibutuhkan dalam berbagai pekerjaan rumah yang memang membutuhkan sistem pelubangan, seperti memasang hiasan dinding ataupun memasang sekrup.

Tidak hanya terdiri dari satu jenis, namun pada umumnya mesin ini dapat Anda temukan dalam beberapa kategori. Mesin yang sering digunakan dalam sebuah bengkel kerja ataupun dalam pekerjaan rumah, adalah jenis bor tangan, dimana bor ini memiliki ukuran yang bermacam dan dapat digunakan untuk berbagai medan pekerjaan baik datar, miring, horisontal ataupun vertikal sesuai kebutuhan. Penggunaan mesin yang satu inipun tidak hanya berfungsi sebagai pelubang, namun juga dapat Anda gunakan sebagai pemasang dan pelepas sekrup bergantung pada kebutuhan Anda, dan jenis mata bor yang Anda aplikasikan didalamnya.

Baca juga: Simak Panduan Tepat Memakai Mesin Bor Secara Aman dan Hasil Rapi

Berikut ini beberapa jenis mata bor yang dapat Anda aplikasikan pada mesin bor tangan, yang akan Anda gunakan sebagai alat bantu kerja, yang antara lain adalah:

  • Mata bor kayu, mata bor yang satu ini biasanya akan memiliki bentuk berulir dengan ujung yang lancip yang digunakan sebagai awalan dalam membuat lubang dengan bidang kerja yang berupa permukaan kayu. Mata bor ini terdiri dari berbagai ukuran mulai dari 4mm, hingga ukuran terbesar mencapai 18mm.
  • Mata bor besi, mata bor ini pada umumnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan mata bor kayu, namun dengan bahan pembuatan yang berbeda, dimana logam yang memiliki kualitas lebih bagus akan digunakan didalamnya, mengingat bidang kerja yang nantinya akan dikerjakan terbuat dari logam yang memiliki tekstur yang lebih keras.

Selain mata bor tersebut diatas, Anda juga dapat menemukan mata bor lainnya seperti mata bor untuk membuat lubang pada dinding atau yang biasa disebut dengan mata bor bobok. Sedangkan mata bor lainnya yang biasanya digunakan untuk memasang dan melepas sekrup akan dapat Anda temukan sesuai dengan bentuk sekrup yang akan Anda jadikan sebagai bidang kerja. Mata bor roping, biasanya akan banyak digunakan untuk melepas dan memasang paku roping.

Untuk mendapatkan mesin bor dengan kualitas terbaik, yang harus lebih Anda perhitungkan adalah fungsi dan kegunaan bor itu sendiri. Pastikan pula bahwa voltase dalam rumah ataupun ruang kerja Anda, telah sesuai dengan voltase yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin tersebut. Gunakan mata bor yang sesuai dengan fungsinya, agar nantinya mesin dapat bekerja dengan optimal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *