Mengenal Kompor Listrik

Mengenal Kompor Listrik—zaman dahulu orang jika ingin memasak mash menggunakan kayu bakar sebagai media pembakarannya. Kemudian kita juga mulai mengenal kompor yang menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakarnya. Semakin ke sini, kompor dengan bahan bakar minyak tanah ini semakin ditinggalkan. Orang-orang banyak beralih ke kompor gas. Dimana media yang digunakan menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Kompor gas ini sangat populer. Hampir rata-rata di setiap rumah tangga menggunakannya. Ini dikarenakan komor ini cepat dan prkatis. Ketika gas habis, kita hanya perlu menggantinya dengan tabung gas yang baru.

Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan kompor semakin menuju ke arah yang lebih modern. Hingga kini mulai banyak beredar kompor listrik. Dimana media utamanya adalah menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Kompor listrik ini mempunyai beberapa kelebihan. Slah satu diantarnya adalah kompor ini ramah lingkungan. Ini dikarenakan tidak ada gas buang atau polusi yang dikeluarkan. Dengan begitu, sekitar anda pun terbebas dari polusi.

Selain ramah lingkungan, kompor listrik ini mampu meminimalisir resiko kecelakaan. Tidak seperti kompor gas yang dengan keberadaan tabung gasnya rawan bocor hingga menyebabkan ledakkan. Kompor listrik sejatinya jauh lebih aman. Karena selain tidak adanya polusi gas, juga sangat aman ketika tangan anda mengangkat atau menyentuh secara langsung panci yang dimasak di atas kompor tersebut. Hebatnya lagi, anda dapat mengatur tingkat suhu panas secara otomatis. Namun di balik kelebihannya tentu juga ada kekurangannya. Apa sajakah kekurangannya itu?

Beberapa diantaranya adalah, anda dipastikan tidka dapat memasak dengan peralatan masak yang tidak datar bagian bawahnya. Karena kompor listrik ini hanya akan bereaksi dengan perlalatan masak yang datar pada permukaan bawahnya. Jadi kemungkinan menggunakan wajan tidak bisa di kompor ini. Selain itu ternyata watt yang dibutuhkan untuk dapat menyalakan kompor listrik ini terbilang cukup tinggi. Sekalinya dinyalakan akan menyedot listrik kurang lebih antara 500-1000 watt per jamnya. Meskipun anda dapat menyetelnya ke angka 100 watt saja, namun waktu memasaknya menjadi jauh lebih lama.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kompor listrik ini. Semoga dengan mengenal kompor listrik ini  lebih jauh, anda akan tahu apa yang harus dilakukan dalam menyikapinya. Selain itu anda juga perlu mengetahui beberapa langkah-langkah perawatan kompor listrik yang benar. Jika anda tidak pintar-pintar serta rajin dalam merawatnya, bisa jadi umur kompor ini hanya sebentar saja. Jadi seperti apakah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk merawat kompor satu ini? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Oleskan seidkit cairan cleaner pada cooktop.
  2. Gunakan spons untuk menyikatnya
  3. Bersihkan dengan lap kering dengan merata
  4. Jika permukaan kompor listrik anda terbuat dari kaca, pakailah cairan pembersih khusus untuk kaca.

Selamat memasak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *