Mengenal Jenis – Jenis Mesin Motor

Mengenal Jenis - Jenis Mesin Motor

Sepeda Motor tentunya memiliki banyak bagian onderdil penting salah satunya yaitu mesin motor. Mesin tersebut sangat memberikan manfaat serta fungsi untuk sepeda motor itu sendiri. Saat ini ada banyak berbagai jenis mesin sepeda motor.

Mengenal Jenis - Jenis Mesin Motor

Sebagai pengendara sepeda motor, sebaiknya Anda perlu mengetahui jenis mesin apa yang terpasang dibagian motor Anda. Berikut ini jenis-jenis mesin motor yang berbeda serta memiliki fungsi yang berbeda pula.

  • Mesin 1 Silinder

Mesin 1 silinder merupakan jenis mesin yang paling banyak dan familiar dimasyarakat. Mesin ini memiliki klasifikasi yaitu silinder tegak, tidur dan 45 derajat. Mesin ini biasanya digunakan untuk motor kapasitas mesin kecil <250cc, tetapi demikian ada beberapa motor berkapasotas besar yang memakai mesin 1 silinder ini. Misalnya royal enfield clasic 500cc serta KTM duke 690cc

  • Mesin 2 Silinder Segaris (in-line-twin)

Mesin ini merupakan salah satu solusi apabila Anda ingin memiliki tampilan beda dengan mesin singel silinder tetapi masih dengan biaya produksi yang terjangkau dan maintenance yang cukup mudah. Suara yang dimiliki dari mesin ini juga berbeda dengan single silinder sehingga memberikan feel yang beda pula. Mesin ini dipakai oleh Kawasaki Ninja 250, BMW F800GS, CBR250RR, dan Yamaha R25.

  • Mesin 3 Silinder Segaris (tripel-in-line)

Mesin motor jenis ini dapat memaksimalkan antara kombinasi top end tower dan torsi. Apabila mesin 2 silinder bermodel V apalagi L akan mengandalkan tosi maka mesin inline 4 akan mengandalkan top end power. Untuk mesin 3 silinder ini menggabungkan keduanya. Mesin 3 silinder ini dikeluarkan oleh pabrikan MV Agusta Varian F Series dan Triumph Varian Daytona.

  • Mesin 4 Silinder Segaris (in-line-four)

Mesin ini dipakai oleh hampir seluruh tipe superbike dan tipe sport bike selain oleh Ducati dan Aprilia. Mesin ini terkenal karena memiliki suara yang membulat dan merdu serta memiliki banyak keunggulan daripada kekurangannya. Mesin ini memiliki power mesin yang sangat bagus, sehingga sangat populer dikalangan biker.

  • Mesin V Twin

Mesin ini memiliki karakter unik, yaitu getaran mesin yang tinggi. Getaran mesin silinder tersebut terpusat di titik yang berdekatan sehingga gerakannya menjadi mirip getaran yang menjadikan karakter dari mesin ini.

Baca juga: Merawat Mesin Motor Agar Selalu Dapat Diandalkan

  • Mesin V Twin Melintang

Mesin ini memiliki bentuk silinder yang sama dengan V twin, tetapi mesin diletakkan melintang. Sehingga menjadikan mesin ini terlihat begitu unik dan menjadi ciri khas tersendiri bagi motor seperti MotoGuzzi. Centre of gravity motor ini sangat ini, meskipun saat dipakai motor terasa bergetar kanan kiri yang menimbulkan ketidakstabilan.

Selain mesin-mesin yang telah disebutkan diatas, masih banyak jenis mesin motor yang lain seperti Mesin L Twin 90 Derajat, Mesin 2 Silinder Boxer, Mesin V4 dan sebagainya. Anda dapat memilih dari beberapa mesin tersebut yang sesuai dengan motor Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *