Mengenal Fungsi dari Mesin Gerinda dan Beberapa Jenisnya yang Bisa Anda Pilih

Gerinda merupakan salah satu jenis mesin yang banyak digunakan dalam sebuah bengkel kerja. Mesin ini sendiri memiliki fungsi utama yaitu melakukan pengikisan, pemotongan dan penajaman pada sebuah benda kerja, sehingga didapatkan bentuk yang lebih halus dan baik pada benda tersebut. Mesin gerinda sendiri, biasanya dapat Anda temukan dalam berbagai versi, dimana masing-masing versi ini akan memiliki fungsi pengerjaan yang berbeda. Dalam sistem kerjanya gerinda akan dibantu oleh sebuah batu yang biasa disebut dengan batu gerinda dengan tipe dan jenis yang juga bervarian, bergantung pada benda kerja yang dijadikan objek kerja dari batu tersebut.

Untuk dapat melakukan pengerjaan dengan kualitas yang tinggi dengan menggunakan gerinda ini, maka pemilihan jenis gerinda yang tepat sesuai dengan jenis benda kerja haruslah Anda perhatikan dengan seksama. Pemilihan mesin berdasarkan benda kerja yang akan dibuat, memang sangat disarankan, mengingat banyaknya jenis gerinda yang ada dipasaran. Untuk mengetahui mesin manakah yang cocok untuk digunakan sebagai media kerja Anda, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengenal jenis-jenis dari gerinda dan fungsi didalamnya.

Berikut ini beberapa jenis mesin gerinda yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai media kerja, yang dapat membantu memperingan dan mempermudah Anda dalam melakukan sebuah pekerjaan. Yang antara lain adalah:

  • Surface grinding atau gerinda permukaan

Mesin ini biasanya digunakan untuk menggerinda ataupun menghaluskan benda kerja dengan bentuk yang datar, sehingga akan diperoleh benda kerja yang datar dengan permukaan yang lebih halus didalamnya. Bentuk dari mesin ini sendiri, biasanya akan dilengkapi dengan sebuah bidang datar sebagai meja tempat mencengkeram benda kerja.

  • Cylindrical grinding atau gerinda silinder

Mesin yang satu ini biasanya digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan bentuk silinder ataupun tabung, untuk menghasilkan permukaan yang lebih halus, ataupun membentuk objek lain dari benda yang dikerjakan. Mesin yang satu ini sendiri terbagi atas 4 macam, dimana klasifikasi dari setiap mesin yang ada akan bergantung pada jenis sistem penggerindaan yang dilakukan oleh mesin tersebut. Gerinda silinder dalam, gerinda silinder luar, gerinda silinder luar tanpa simetris dan gerinda universal, menjadi bagian dari jenis gerinda yang satu ini.

  • Gerinda tangan

Mesin gerinda yang satu ini merupakan mesin yang paling banyak digunakan dalam sebuah bengkel kerja, dimana untuk mengoperasikan mesin ini, Anda hanya perlu memegang tangkai dari gerinda dan menempatkan batu gerinda pada objek kerja yang akan dipotong ataupun dihaluskan. Mesin ini dapat melakukan beragam fungsi baik pemotongan ataupun penghalusan benda kerja, bergantung pada batu gerinda yang akan Anda tempatkan pada mesin tersebut. Harga dari mesin yang satu inipun lebih terjangkau dibanding dengan jenis gerinda yang lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *