Mengenal Berbagai Jenis Mesin Canggih untuk Pertanian

Mengenal Berbagai Jenis Mesin Canggih untuk Pertanian

Pertanian merupakan sektor usaha utama yang dimiliki oleh negara Indonesia. Melalui usaha pertanian inilah maka berbagai kebutuhan pangan, sandang dan papan pun akan dapat terpenuhi dengan mudah. Dari hasil pertanian yang memang dijalankan oleh bangsa Indonesia ini, tidak hanya berbagai bentuk barang lainnya dapat diperoleh, namun pendapatan negara pun akan dapat meningkat dengan cukup signifikan dengan adanya ekspor dari hasil pertanian. Mengingat pentingnya sektor pertanian dalam mendukung keberlangsungan hidup masyarakat secara menyeluruh inilah, maka sudah sewajarnya kini sistem modern diterapkan dalam sektor tersebut. Tidak hanya untuk meningkatkan hasil produksi saja, namun sistem pertanian modern ini juga akan meringankan beban pekerjaan bagi para pelaku usaha pertanian, dengan adanya berbagai mesin canggih yang dapat digunakan.

Mengenal Berbagai Jenis Mesin Canggih untuk Pertanian

Baca juga: Mesin Canggih untuk Printer 3D yang Bisa Cetak Organ Tubuh Tiruan

Dengan penggunaan berbagai mesin yang memang dikhususkan untuk sektor pertanian tersebut, maka berbagai pekerjaan yang tadinya akan memakan waktu dan tenaga, akan dapat lebih diperingkas dengan penggunaan mesin tersebut. Tidak hanya itu saja, biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi pun akan lebih ringan karena penggunaan mesin, akan secara signifikan menurunkan penggunaan tenaga lainnya, dimana hal tersebutlah yang akan dapat memangkas budget untuk tenaga lainnya. 

Berikut ini beberapa jenis mesin canggih dalam bidang pertanian yang kini mulai banyak digunakan oleh masyarakat petani di Indonesia, yang antara lain adalah:

  • Sprinkler atau penyiram otomatis

Alat yang satu ini merupakan alat untuk melakukan penyiraman berbagai jenis tanaman secara otomatis. Alat ini pada umumnya akan banyak digunakan oleh para petani kebun seperti petani sayuran dan buah-buahan. Hanya dengan menempatkan alat ini pada ujung saluran air yang tersedia dan berdekatan dengan tanaman, maka Anda tidak harus lagi menyirami tanaman secara manual.

  • Mesin perontok padi

Mesin ini biasanya banyak digunakan oleh para petani padi, dimana mesin ini memiliki fungsi untuk merontokkan padi yang terdapat pada batang tanaman. Untuk memperoleh hasil butiran padi dengan cepat, kini para petani tidak harus menggunakan tenaga sewa manusia untuk menumbuknya, karena mesin ini dapat membantu merontokkan pada dari batangnya dengan cepat dan hanya membutuhkan 1 ataupun 2 tenaga manusia untuk melakukannya.

  • Mesin Bajak Sawah

Mesin canggih untuk mengolah tanah pertanian khususnya sawah ini, memang terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Namun yang kerap digunakan oleh para petani adalah traktor sebagai pengganti tenaga sapi ataupun kerbau yang membajak sawah. Selain traktor otomatis, biasanya mesin ataupun alat garu juga banyak digunakan untuk mengolah tanah pertanian. Alat garu ini sendiri terdiri dari beberapa jenis yang biasanya akan bekerja sesuai dengan fungsinya seperti alat garu sisir dengan fungsi membentuk garis pada tanah, agar nantinya tanah tidak bongkah namun tetap gembur. Selain garu sisir, alat garu piring pun juga telah banyak digunakan petani Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *