Mengenal Beberapa Mesin Canggih dalam Dunia Peternakan

Mengenal Beberapa Mesin Canggih dalam Dunia Peternakan

Jika dibandingkan dengan negara maju seperti negara-negara di Eropa ataupun Amerika, peternakan di Indonesia memang belumlah memiliki alat secanggih yang digunakan oleh peternak di negara maju tersebut. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, para peternak di Indonesia pun kini telah mulai menggunakan berbagai mesin canggih untuk dapat meningkatkan produktivitas dari peternakan yang mereka jalankan. Tidak hanya produktivitas saja, namun berbagai mesin yang digunakan dalam peternakan inipun akan memberikan banyak kemudahan bagi para peternak dalam menyiapkan makanan bagi hewan ternak mereka. Berikut ini beberapa mesin yang mulai banyak digunakan oleh para peternak di Indonesia sebagai alat untuk memperingan tugas yang mereka miliki.

Mengenal Beberapa Mesin Canggih dalam Dunia Peternakan

  • Mesin penetas telur otomatis

Mesin peternakan yang satu ini, biasanya banyak digunakan oleh mereka yang memiliki hewan ternak yang berupa unggas seperti ayam, bebek ataupun burung puyuh. Mesin ini memiliki sistem kerja menghangatkan telur yang memang secara umum banyak dierami oleh induk mereka. Mesin yang satu ini, biasanya akan dapat dibeli dalam bentuk jadi ataupun dibuat sendiri oleh para peternak, karena memang mudah untuk dibuat dan memiliki bahan pembuatan yang mudah untuk didapatkan. Dengan mesin inilah nantinya produktivitas induk akan lebih cepat, karena tidak harus mengerami terlebih dahulu telur yang telah mereka hasilkan.

  • Mesin pemerah susu

Mesin canggih yang satu ini memang lebih banyak digunakan oleh para peternak sapi perah, dimana mesin ini memiliki fungsi sebagai alat pemerah susu, yang tadinya dilakukan oleh tangan manusia. Dengan menggunakan mesin otomatis ini, kini tenaga manusia akan lebih berkurang, dan waktu pemerahan yang dilakukan pun akan menjadi lebih singkat. Mesin ini memiliki beberapa alat penyedot yang sekaligus dapat difungsikan secara bersamaan, untuk memerah beberapa bagian putting sapi secara bersamaan.

  • Alat pencacah rumput

Alat yang satu ini biasanya banyak digunakan oleh peternak yang memang memiliki jenis hewan ternak mamalia dengan pakan utama yang berupa rumput. Alat pencacah ini berfungsi sebagai pisau yang dapat melembutkan rumput yang akan diberikan kepada hewan ternak. Dengan hasil pencacahan inilah, maka tingkat konsumsi makanan pada hewan ternak menjadi lebih tinggi, sehingga daging yang dihasilkan pun akan lebih berbobot.

Baca juga: Mesin Canggih Robot Penyetrika

  • Alat penggiling

Alat yang satu ini biasanya banyak digunakan sebagai alat penerus dari mesin pencacah rumput. Alat penggiling ini biasanya banyak digunakan oleh mereka para peternak yang ingin memberikan pakan organic alternatif bagi ternak mereka, dengan cara mengolah rumput yang dicampurkan dengan berbagai jenis bahan lainnya. Alat penggiling inilah yang berfungsi sebagai mesin canggih mencampur berbagai jenis makanan yang dikhususkan untuk berbagai jenis ternak. Jika bahan makanan yang dicampur ingin bertahan lama, maka campuran dengan komposisi tertentu yang dibuat menjadi bentuk kering akan lebih memudahkan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *