Mengenal Bagian Mesin Bubut dan Cara Kerjanya

Mengenal Bagian Mesin Bubut dan Cara Kerjanya

Mesin bubut adalah perkakas yang saat ini banyak dimanfaatkan dalam dunia industri dengan kemampuan untuk menyayat dan mengikis permukaan suatu benda. Mesin ini dibuat pertama kali pada tahun 1794 oleh Henry Maudslay dan dikembangkan oleh Joseph Withworth dengan menciptakan alat ukur yang lebih detil.

Mengenal Bagian Mesin Bubut dan Cara Kerjanya

Kini mesin bubut sudah semakin canggih seiring dengan pekembangan teknologi yang juga menyentuh ke dunia mesin. Mesin bubut modern mampu menghasilkan pekerjaan yang akurat dan sangat presisi karena dioperasikan komputer dengan program CNC (Computer Numerically Controlled).

Lantas apa saja komponen yang menyusun suatu mesin bubut dan bagaimana mekanisme kerjanya?

Kepala Tetap

Komponen ini menjadi bagian yang ada di kiri mesin yang berfungsi memutar benda objek. Dalam kepala tetap ini terdapat transmisi roda gigi yang berguna memudahkan operator dalam melakukan pekerjaannya. Komponen lain dalam bagian ini antara lain plat mesin, cakra tingkat, engkol switch untuk roda gigi dan motor penggerak mesin.

Baca juga: Jenis-Jenis Mesin Bubut yang Perlu Anda Ketahui

Kepala Lepas

Bagian ini ada di kanan mesin bubut untuk membantu menopang benda objek dan mencegahnya menjadi bengkok. Beberapa komponen yang berada dalam kepala lepas antara lain poros putar, handwill, kunci poros dan pengunci alas.

Meja Mesin

Berupa alas yang solid dan kokoh untuk menampung komponen mesin bubut seperti kepala tetap, kepala lepas dan eretan.

Eretan

Eretan (carriage) merupakan bagian yang digunakan untuk melakukan proses pemakanan terhadap objek saat digerakkan ke kanan dan kiri. Ketika digerakkan, eretan utama bergerak ke sepanjang meja kerja membawa serta eretan lintang, eretan atas dan dudukan pahat.

Poros Penggerak

Poros penggerak (feed shaft) berfungsi untuk membawakan alat pahat yang telah terkunci di tool post mendekat ke benda objek yang sudah terpasang di kepala tetap.

Kelengkapan Transmisi Gerak Laju

Laju adalah jalannya pahat bubut untuk sekali putaran benda objek. Kelengkapan transmisi laju ini akan digerakkan spindle kerja.

Proses bubut sebenarnya adalah suatu proses mekanis alat pahat menggunakan sebilah mata pemotong untuk menyayat permukaan material benda objek yang berputar. Melakukan penyayatan ini, alat pahat akan bergerak linier sejajar terhadap sumpu putar dari benda objek yang berbentuk silinder.

Ketika mesin bubut bekerja, motor listrik menghasilkan putaran yang diteruskan ke poros utama (main spindle) yang berada pada kepala tetap. Lalu poros ini memutar benda kerja menggunakan piringan pembawa sehingga memungkinkan roda gigi di poros utama bergerak.

Menggunakan roda gigi pengbubung, maka putaran akan diteruskan pada roda gigi di poros ulir. Selanjutnya, oleh klem berulir tersebut, putaran dari poros ulir akan dirubah menjadi gerakan translasi di carriage sehingga  terjadi sayatan berbentuk ulir pada benda yang jadi objek pembubutan.

Dengan mengetahui komponen yang digunakan pada mesin bubut, akan memudahkan Anda dalam mengetahui penggunaan seharusnya dari perkakas ini. Selain itu, perawatan mesin juga menjadi lebih mudah dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *