Mengenal Alat-alat Mesin Jahit dan Merk yang Terkenal

hargamesin.org_mesin jahitMesin jahit ditemukan pertama kali oleh seorang pria Amerika Serikat bernama Elias Howe. Hasil percobaannya adalah menciptakan lubang jarum seperti mesin yang mampu digunakan dengan cepat. Namun terjadi perang hak paten, sehingga menyebabkan kisruh. Perjalanan mesin untuk menjahit dari masa ke masa memang menjadi sebuah perbincangan. Mesin untuk menjahit saat ini sudah lebih baik dengan ditemukannya mesin untuk menjahit elektrik.

Dalam dunia menjahit, tidak lepas dari kelengkapan peralatan mesin. Anda harus mengetahui bagian-bagian dari mesin untuk menjahit tersebut. Bagian-bagian mesin untuk menjahit antara lain sebagai berikut:

  1. Dudukan jarum,
  2. Sepatu mesin,
  3. Gigi mesin,
  4. Tuas pengatur jarak jahitan,
  5. Roda spul,
  6. Spul mesin,
  7. Sekoci,
  8. Roda imbang,
  9. Pedal mesin,
  10. Tiang dudukan benang.

Mesin jahit merk Singer dan Butterfly merupakan salah satu merk yang terkenal. Mesin ini adalah salah satu produk tradisional yang didesain canggih untuk menjahit. Didesain juga untuk penjahit nya agar comfort. Awalnya fungsi mesin untuk menjahit ini adalah untuk menjahit jahitan rantai. Namun untuk keawetan pakaian mesin ini kurang bagus. Kemudian pembuat mesin ini mengembangkannya. Akhirnya mesin untuk menjahit ini bisa digunakan untuk jahitan dekoratif, seperti zig-zag.

Mesin Singer dan Butterfly memiliki beberapa keunggulan, diantaranya mesin bisa digunakan untuk pemotongan benang secara otomatis, ada kontrol loncatan jahitan secara digital, mempunyai kecepatan dan tepatan steaching. Sehingga alat ini lihai sekali untuk menjahit kain tebal. Mesin ini didesain baru dengan menggunakan dua benang sejajar. Hasil jahitan akan lebih kuat dan awet.

Baca juga: MENGENAL BAGIAN-BAGIAN MESIN JAHIT TANGAN SERTA FUNGSINYA

Mesin untuk menjahit listrik merk Singer mengalami peningkatan teknologi. Dengan teknologi canggih, mesin ini dioperasikan dengan bantuan listrik. Produktifitas akan semakin meningkat karena mesin ini didesain dengan gerakan ritme jarum yang dihasilkan oleh gerakan listrik. Cara kerjanya sudah pasti lebih efisien dibandingkan mesin manual. Bisa menghasilkan lebih banyak jahitan dengan waktu yang lebih cepat.

Mesin untuk menjahit komputer merk Brother adalah mesin untuk menjahit paling canggih selama ini. Penjahit dimanjakan dengan mesin ini, karena dibantu dengan komputer. Sistem pengoperasiannya otomatis cepat dan mampu mengikuti pola yang telah dibuat dengan program komputer. Mesin ini sudah tidak diragukan lagi, karena peralatan didukung oleh mesin komputer yang bisa mengkalkulasikan dengan akurat.

Mesin untuk menjahit terbaru yaitu Janome dengan full besi. Keunggulan mesin untuk menjahit ini, antara lain:

  • Body mesin full besi.
  • Tersedia pemutus benang.
  • Memiliki pengatur tekanan bahan.
  • Bisa menjahit sampai dengan 25 pola jahitan.
  • Dapat menggunakan double-needle.
  • Otomatis bisa maju mundur.
  • Bisa menjahit lurus, zig-zag, atau border.
  • Tersedia buku petunjuk penggunaan.

Berikut ini adalah cara agar menjahitnya lancar dan mesinnya tidak gampang rusak:

  • Membeli mesin untuk menjahit yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Menggunakan mesin untuk menjahit sesuai aturan pakai.
  • Melakukan perawatan dengan benar.
  • Bawalah ke tempat service bila mesin rusak.

Mesin jahit Janome adalah mesin untuk menjahit pintar dengan berbagai fungsi. Menjadi semangat Anda dalam berkarya. Dengan segala kemudahan dan kecanggihan. Mesin untuk menjahit dengan harga terjangkau dapat memuaskan kerja dan pelanggan Anda. Mesin yang mampu digunakan untuk bahan apapun, seperti sifon, licra, kaos, jeans, bahkan terpal marinir. Menakjubkan bukan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *