Mengenal 5 Jenis Utama Mesin Penyedot Debu

hargamesin.org-mesin penyedot debu

Menurut fungsinya, ada lima jenis utama mesin penyedot debu. Namun, ada beberapa mesin yang menggabungkan beberapa fungsi untuk memberi pilihan penghematan kepada Anda. Dengan mengenal jenisnya dapat membantu Anda dengan tepat menentukan mesin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Handheld

Mesin penyedot debu tipe handheld sangat cocok untuk membersihkan daerah yang sulit dicapai. Mesin ini umumnya digunakan untuk membersihkan mobil, karena, sesuai namanya, model ini hanya bisa dioperasikan dengan satu tangan. Fleksibilitasnya membuatnya dapat membersihkan berbagai kotoran dan debu di tempat-tempat yang sempit. Namun, mesin ini tidak akan bekerja maksimal untuk membersihkan lantai, karena akan memakan waktu yang sangat lama. Jenis handheld hadir dalam berbagai bentuk dan kisaran harga yang berbeda.

  1. Canister

Mesin penyedot debu tipe canister merupakan perpaduan fungsi antara model upright dan model stick. Mesin ini kuat seperti mesin upright, tapi ramping seperti mesin tipe stick. Dalam hal ini, tabung terpisah melekat pada tongkat panjang yang dapat digunakan untuk membersihkan permukaan berkarpet dan lantai. Karena memiliki teknologi yang lebih baik dan desain yang multi-fungsi, mesin ini cenderung berbanderol tinggi.

Baca juga: MENJELMA JADI AVATAR DENGAN MESIN PENYEDOT DEBU

  1. Upright

Tipe upright ini mungkin mesin penyedot debu yang paling populer dan paling dicari. Ketika Anda membayangkan vacuum cleaner atau melihat salah satunya diiklankan di media, kemungkinan besar yang pertama muncul di kepala Anda adalah tipe ini. Model ini merupakan model yang paling kuat untuk membersihkan rumah Anda, dan menawarkan kemudahan dalam menjalankan fungsi dan aksesorisnya. Kebanyakan orang pernah menggunakan vacuum cleaner tipe upright setidaknya sekali seumur hidup. Sebagian besar model upright yang ada di pasaran dapat digunakan untuk membersihkan permukaan berkarpet dan lantai.

  1. Stick

Meskipun ini tipe mesin penyedot debu yang tidak terlalu kuat, mesin stick memiliki keunggulan dalam membersihkan tempat-tempat yang sempit dan bekerja dengan sangat baik pada lantai kayu dan karpet. Vacuum cleaner ini memiliki handle yang panjang dan ramping seperti tongkat. Karena ramping, model ini dapat muat di hampir semua jenis lemari penyimpanan, atau bahkan dilipat rapi di sudut ruangan setelah selesai digunakan.

  1. Robot

Mesin penyedot debu tipe robot semakin populer beberapa tahun belakangan ini, terutama karena tidak memerlukan banyak campur tangan dari Anda. Vacuum cleaner ini dapat berkeliaran bebas di rumah Anda, menyedot kotoran dan debu di daerah yang dilaluinya. Selain menghemat waktu Anda, mesin ini juga mampu mencapai tempat-tempat yang sulit dijangkau vacuum cleaner berukuran besar, misalanya di bawah sofa atau di kolong ranjang. Kekurangan utama dari tipe robot ini adalah harganya yang sangat mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *