Mengenal 3 Jenis Alat Press yang Digunakan di Lingkungan Industri

Mengenal 3 Jenis Alat Press yang Digunakan di Lingkungan Industri

Apa yang Anda ketahui tentang mesin atau alat press? Rupanya mesin press ini tak hanya digunakan untuk mengepress plastik melainkan juga membentuk material lain agar sesuai dengan keinginan. Salah satunya membentuk lempengan logam dan juga metal agar tingkat ketebalan maupun bentuknya bisa sesuai dengan kebutuhan. Proses pengepresan metal dan logam jenis apapun ini lebih familiar dilakukan di lingkungan pabrik atau industri yang memiliki kegiatan memproduksi mesin ataupun elektronik jenis tertentu.

Mengenal 3 Jenis Alat Press yang Digunakan di Lingkungan Industri

Mengenal Jenis-jenis Mesin Press

Mesin satu ini membantu proses pengolahan logam dan metal untuk bisa diproses ke tahap berikutnya sebelum bisa langsung digunakan untuk berbagai keperluan. Rupanya jenis mesin ini ada beberapa, paling lumrah dijumpai adalah:

  • Mesin press manual,

Sistem press ini sangat sederhana dan biasanya sudah dapat berfungsi ketika memiliki tiga komponen, dimulai dari frame, ram, dan juga bed. Ketiga komponen ini bisa ditemukan dengan mudah di mesin press manual yang digerakkan dengan tangan kosong. Artinya tak perlu dihubungkan dengan sumber energi listrik agar bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Meski simpel namun hasil pressnya sudah bagus meski butuh tenaga ekstra dan waktu kerja lebih panjang.

  • Mesin press dengan sistem hidrolik,

Sesuai dengan namanya alat press satu ini memakai hidrolik sehingga menggunakan teori hukum paskal yang dipelajari di bangku SMP. Sistem hidrolik ini menggunakan tekanan yang dihasilkan oleh cairan di dalam mesin press tersebut untuk menekan sekaligus membentuk lempengan logam yang tengah diproses. Beberapa komponen utama di dalam mesin satu ini adalah piston, silinder, dan juga pipa hidrolik. Cairan akan diisikan ke dalam salah satu silinder karena di mesin press jenis ini dilengkapi dua tabung silinder.

Baca juga: Inilah Jenis Mesin Press yang Paling Sering Anda Temukan dan Gunakan Secara Sadar Maupun Tidak Sadar

  • Mesin press mekanikal,

Jenis terakhir untuk mesin press ini adalah jenis mesin mekanikal artinya mesin press ini bekerja dengan sistem mekanik. Ada beberapa bagian yang akan bergerak naik dan turun untuk menciptakan tekanan yang dipakai membentuk dan menekan lempengan logam ataupun metal. Salah satu bagian terpenting di mesin jenis ini adalah bagian fly wheel yang menyerupai roda dimana akan bergerak berputar kemudian menggerakkan komponen lain agar tercipta gerakan naik dan turun.

Mesin press yang disebutkan di atas kerap kali dijumpai di lingkungan industri, masing-masing industri akan memilih mesin dengan spesifikasi sesuai kebutuhan. Jadi untuk industri skala kecil tentu bisa memilih antara mesin press manual atau mesin press hidrolik. Namun jika sudah melakukan kegiatan produksi untuk skala besar maka mesin jenis mekanikal lebih ideal untuk digunakan. Biasanya alat press semacam ini digunakan untuk industri pembuatan perlengkapan rumah tangga seperti kompor, memproduksi kitchen set, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *